Edukasi pengolahan sampah di Tanjungtirto, Kalitirto, Berbah, Sleman Tahun 2021

Muchsin Maulana, Septian Emma Dwi Jatmika, Putri Febrianti

Abstract


Sampah merupakan istilah umum yang sering digunakan sebagai limbah padat. Limbah adalah sesuatu yang tidak digunakan, tidak terpakai, tidak disenangi atau sesuatu yang dibuang dan berasal dari kegiatan manusia serta tidak terjadi dengan sendirinya. Untuk mengidentifikasi serta menganalisis masalah-masalah Kesehatan yang ada dalam suatu komunitas atau masyarakat, merencanakan dan melaksanakan Tindakan strategis atau intervensi dalam penanggulangan masalah dengan bekerja sama dengan Stakeholder terkait penanggulangan masalah Kesehatan yang ada di wilayah tersebut. Edukasi dilaksanakan secara Online melalui Whatsaap Group Serta pertemuan langsung terbatas dengan kader di karenakan masih pemberlakuan PPKM di DI Yogyakarta. Hasil dari edukasi tersebut diteruskan oleh stakeholder kepada para masyarakat RT.03 RW.22 Tanjungtirto terkait masalah Cara Penanganan Sampah Rumah Tangga yang baik dan benar serta bahaya Membakar Sampah untuk memperbaiki cara masyarakat dalam mengolah sampah serta meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat dan Kesehatan lingkungan. Serta memberi penjelasan cara penanganan sampah secara rinci, serta peragaan pengolahan sampah rumah tangga. Masyarakat sangat antusias dengan di adakannya pelatihan pengolahan sampah ini, dan berharap akan di adakannya pelatihan lebih lanjut yang lebih mendalam dan adanya bukti nyata, berupa pemberian Tempat Penampungan Semetara (TPS). Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berjalan berjalan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Perlunya bimbingan pembentukan Sodaqoh Sampah yang selanjutnya bisa di bentuk Bank sampah.


Keywords


Edukasi, Pengolahan, Sampah.

Full Text:

PDF

References


Adicita, Y., Prajati, G., Darwin, D., Suryawan, I. W. K., Apritama, M. R., & Silmi, A. (2020). Edukasi Peduli Sampah Sedari Dini untuk Anak-Anak Pulau Lengkang, Kota Batam. Altruis: Journal of Community Services, 1(2), 71.

Agustin, H., Setiawan, R., & Puspitasari, A. K. (2020). Pengembangan Bank Sampah Terkomputerisasi di Desa Cibitung Wetan, Bogor. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 140–154.

Brilian, A., & Setijanti, P. (2016). Pusat Edukasi Pengolahan Sampah Surabaya. Sains Dan Seni ITS, 5(2), 27–30.

Ernyasih, Fajrini, F., Elyasa, L. B., & Alfiana, Q. (2020). Edukasi Dan Pendampingan Pengolahan Sampah Berbasis 3R ( Reduce , Reuse , Recycle ) Pada Santri Di Pesantren Sabilunnajat , Ciamis 3R ( Reduce , Reuse , Recycle ) Waste Processing Education and Facilities in Santri in Sabilunnajat Pesantren ,. AS-SYIFA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, 1(1), 16–22.

Huboyo, H. S., Sumiyati, S., Wicaksono, B. S., & Rusdiyanto, A. (2020). Edukasi Pengelolaan Sampah Anorganik Melalui Kegiatan Menabung Di Bank Sampah Sempulur Asri Gedawang. Jurnal Nasopati, 2(3), 131–135.

Istiningdias, D. S., Azijah, D. N., & Argenti, G. (2019). Peningkatan Peran Aktif Aparatur Desa Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Melalui Pelatihan Pembuatan Ecobricks. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 183.

Juniarti, N. (2020). Upaya Peningkatan Kondisi Lingkungan Di Daerah Aliran Sungai Citarum. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 256–271.

Jupri, A., Athifah, A., Elys, H. A., Asmarinda, B. L., & Atsauri, N. (2020). Edukasi Masyarakat Untuk Pengelolaan Sampah di Desa Kumbang Kecamatan Masbagik Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2).

Libriyanti, R. (2019). Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat (Studi Kasus : Kelurahan Pleburan Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang). Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.

Muchtaridi, Suhandi, C., & Gwiharto, A. K. (2019). Sosialisasi Pengelolaan Sampah Di Desa Sukarapih Sebagai Upaya Preventif Pencemaran Sungai Citarum. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 226–235.

Mustika, M., Wijaya, I. K. M., & Putri, N. P. R. P. A. (2020). Sosialisasi dan Edukasi Pengelolaan Sampah Organik untuk Pemberdayaan Masyarakat di Desa Sakti, Nusa Penida, Klungkung Regency, Bali. Community Services Journal (CSJ), 3(1), 1–9.

Mutiara, S., Laila, S. N., & Azima, M. F. (2021). Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan dari Barang Bekas pada Ibu-Ibu Pengajian Desa Danau Kabupaten Pringsewu. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 308–313.

Octavia, D., Fitrianingsih, Y., & Jat, D. R. (2017). ( Studi Kasus Kecamatan Sungai Kakap , Kabupaten Kubu Raya ) emisi . Salah satu kegiatan yang menghasilkan emisi adalah pembakaran sampah secara Depok menunjukkan hasil bahwa gas CO dan CH 4 merupakan emisi yang paling banyak Kecamatan Sungai Kakap berada (p. 7).

Sari, C. K., & Anggoro, S. (2020). Edukasi Dampak Pengelolaan Sampah sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Jurnal Peduli Masyarakat, 2(2), 41–48.

Sekarningrum, B., Sugandi, Y. S., & Yunita, D. (2020). Sosialisasi dan Edukasi Kangpisman (Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan Sampah). Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 73.

SOS, T. (2011). Pemanasan Global Solusi dan Peluang Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Wahyudi, J. (2019). Emisi Gas Rumah Kaca (Grk) Dari Pembakaran Terbuka Sampah Rumah Tangga Menggunakan Model Ipcc. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 15(1), 676.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muchsin Maulana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License