PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN ADAPTIF DI ERA NEW-NORMAL UNTUK SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SE-KECAMATAN TEMPEL KAB. SLEMAN
Abstract
Pandemi Covid-19 membawa dampak sistemik pada seluruh aspek kehidupan, salah satunya pada aspek pendidikan. Beberapa titik tekan spesifik yang dibutuhkan sekolah dasar dibawah naungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Tempel dalam menghadapi kendala pembelajaran di masa dan pasca pandemi ini adalah (1) aspek keterlaksanaan proses belajar peserta didik di masa pandemi dan masa transisi menuju kebiasaan baru, yang pada saat ini berjalan sekadarnya, seperti banyaknya anak yang mengabaikan tugas, menyontek, bahkan tidak mengerjakan tugas (2) Karena cukup terbatasnya literasi digital guru-guru, khususnya untuk menghadapi era new normal, perlu dilakukan penguatan literasi digital untuk para guru untuk menghadapi era new normal, (3) penguatan pola pencarian solusi secara efektif dan terukur dari permasalahan pembelajaran di sekolah untuk menghadapi masa transisi dengan penuh adaptasi pola baru. (4) rendahnya produktifitas karya ilmiah guru-guru menjadi kendala lama yang belum kunjung teratasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk diharapkan peserta dapat menerapkan pembelajaran lebih efektif dalam menghadapi era new-normal di masa pandemi covid-19 dan setelah pandemi.. Peserta pada pelatihan ini adalah guru-guru sekolah dasar Muhammadiyah di Kecamatan Tempel. Pengabdian ini mrnggunakan metode yaitu pelatihan, Workshop dan Pendampingan selama 6 bulan. Berdasarkan hasil yang diperoleh diperoleh bahwa terdapat peningkatan pemahaman dan ketrampilan tentang model pembelajaran adaptif berbasis digital
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik Kabupaten Sleman. 2017. Kecamatan Tempel dalam Angka 2017. Sleman: BPS Kabupaten Sleman
Gugus Tugas Percepatan Penanganan. Surat Edaran Covid-19 No.7 Tahun 2020 tentang kriteria dan persyaratan perjalanan orang dalam masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19
Hanoatubun, Silpa. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Edupsycouns Journal. Vol. 2, No. 1. Hal: 146-153
https://www.covid19.go.id (diakses tanggal 20 Oktober 2020
https://www.kemdikbud.go.id_Penyesuaian kebijakan pembelajaran dimasa pandemic covid-19 (diakses tanggal 15 Oktober 2020)
https://ugm.ac.id/en/news (diakses tanggal 20 Oktober 2020)
https://www.mckinsey.com (diakses tanggal 20 Oktober 2020)
Kurniawan, Muhammad Ragil & Rofiah, Nuhul Hidayati. 2020. Pola penggunaan Internet di Lingkungan sekolah dasar se-Kota Yogyakarta. Southeast Asian Journal of Islamic Education. Vol 2, No. 2 Hal. 93-108
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Surat edaran No. 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Coronavirus Desease (Covid-19)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19)
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Ustama, Dicky Djatnika. 2009. Peranan Pendidikan dalam pengentasan Kemiskinan. Dialogue Jurnal ilmu administrasi dan kebijakan publik. Vol. 6 No. 1. hal: 1-12
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Meita Fitrianawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License