Peningkatan kualitas pembelajaran dengan pembelajaran science, technology, engineering, and mathematics (STEM) bagi guru di Bawean

Dian Artha Kusumaningtyas, Meita Fitrianawati

Abstract


Kondisi pandemi Covid 19 mengakibatkan proses pembelajaran yang semula di sekolah beralih pembelajaran di rumah. Dampak ini mengakibatkan learning loss yaitu siswa yang tidak memiliki akses yang maksimal untuk melakukan pembelajaran daring dikarenakan siswa di Pulau Bawean berada di pedesaan atau daerah pedalaman dimana akses internet sulit didapatkan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran bermakna berbasis STEM. Peserta pada pelatihan ini adalah Guru-guru IPA, kimia, fisika dan biologi di sekolah menengah Muhammadiyah di wilayah Pulau Bawean. Pengabdian ini mrnggunakan metode yaitu pelatihan, Workshop dan Pendampingan selama 6 bulan. Berdasarkan hasil yang diperoleh diperoleh bahwa terdapat peningkatan pemahaman dan ketrampilan tentang pembelajaran bermakna berbasis STEM. 

Keywords


Kualitas Pembelajaran, Pembelajaran Bermakna, Pembelajaran STEM

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, 2008, Guru dan Dosen, Indonesia Legal center Publising

Bybee, R. “The case for STEM education: Challenges and opportunity”. National Science Teachers Association (NSTA) Press . 2013.

Ernst, J. V., Williams, T. O., Clark, A. C., Kelly, D. P., & Sutton, K. (2018). K-12 STEM Educator Autonomy: An Investigation of School Influence and Classroom Control. Journal of STEM Education, 18(5), 5–9.

Thompson, J. R., Christensen, W. M., & Wittmann, M. C. (2011). Preparing future teachers to anticipate student difficulties in physics in a graduate-level course in physics, pedagogy, and education research. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 010108, 1–11. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.7.010108


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dian Artha Kusumaningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License