“Place marketing & destination management”: upaya kemandirian Kampung Wisata Sungai Dinoyo Tenun Kelurahan Keputran Surabaya

Sri Yunan Budiarsi, Maria Mia Kristanti

Abstract


Program Abdimas ditujukan untuk menunjang usaha pengembangan ekonomi, dan sosial warga kota Surabaya menuju masyarakat mandiri. Melalui pemahaman Place Marketing dan Destination Management, diharapkan dapat meningkatkan daya tarik kampung menjadi salah satu destinasi kunjungan yang menarik bagi masyarakat Surabaya, serta memberi dampak positif bagi kemajuan kehidupan perekonomian swadaya warga Kampung Wisata Sungai Dinoyo Tenun Surabaya. Metode pengabdian dimulai dengan melakukan riset awal untuk mengetahui tingkat pentingnya Place Marketing dan Destination Management terhadap perbaikan kemandirian ekonomi warga RW/RT Kampung Dinoyo Tenun Kelurahan Keputran pada Maret 2020, yang selanjutnya diikuti dengan agenda penyuluhan dan pemahaman warga tentang pentingnya Place Marketing dan Destination Management untuk meningkatkan potensi tempat wisata, serta memberikan pelatihan/pendampingan strategi Place Marketing dan bauran promosi offline/online untuk meningkatkan kepuasan pengunjung. Hasil pengabdian ditunjukkan dengan antusiasme warga yang menyadari potensi tempat wiasata dari yang semula apatis, bertambahnya ide wawasan untuk menata tempat wisata dari perspektif pemasaran, komunikasi dua arah antara warga dan aparat setempat untuk berkoordinasi, dan dialog intensif program promosi pemasaran untuk pengelolaan manajemen tempat wisata yang inovatif.Dampak dapat dilihat dari beragamnya promosi pemasaran yang dikembangkan baik offline maupun online, serta bertambahnya milenial kampus yang aware, serta rekomendasi destinasi ini kepada milenial dan segmen lainnya.

Keywords


Place Marketing, Destination Management

Full Text:

PDF

References


Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (2010). Pedoman Pembentukan dan Pengembangan Destination Marketing Organization.

Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa/kelurahan.

Chi, H., Huang, K.C., & Nguyen, H.M. (2020). Elements of destination brand equity and destination familiarity regarding travel intention. Journal of Retailing and Consumer Services, 52. DOI:10.1016/J.JRETCONSER.2018.12.012

Deffner, A.M., & Metaxas, T. (2019). Developing Pilot Place Marketing Plans:. Corpus ID: 208263320

Dias, A.R., Sousa, B., & Lubowiecki-Vikuk, A. (2021). The Contribution of Tourist Events to Local Development. DOI:10.4018/978-1-7998-6780-7.CH007

Eken, B., Okan, E.Y., & Bakioğlu, I. (2021). Exploring the Role of Instagram in Tourism Destination Preferences. DOI:10.4018/978-1-7998-7095-1.CH010

Eletxigerra, A., Barrutia, J.M., & Echebarria, C. (2018). Place marketing examined through a service-dominant logic lens: A review. Journal of Destination Marketing & Management. DOI:10.1016/J.JDMM.2017.11.002

Fratu, D. (2020). The Marketing Mix-A Basic Tool In The Management Of The Tourist Destination. DOI:10.31410/ITEMA.2020.55

Górska-Warsewicz, H. (2020). Factors Determining City Brand Equity A Systematic Literature Review. Sustainability, 12, 7858. DOI:10.3390/SU12197858

Hernandez, A. (2019). Tourism experience co-creation: a service-dominant logic-driven model. Corpus ID: 198653438

Nghiêm-Phú, B., Kiều, T.H., & Hoàng, T.T. (2020). Tourists’ satisfaction with and intentions toward a nature-themed festival: The contribution of destination attributes, festival events, place attachment and life satisfaction. Journal of Convention & Event Tourism, 22, 221 - 241. DOI:10.1080/15470148.2020.1866138

Treutz, Á.U., & István, S. (2020). Consumer Satisfaction In The Place Marketing. Corpus ID: 229938409

Vrasida, M., Peistikou, M., & Iliopoulou, N. (2020). Developing a Tourism Destination Through Gastronomy Branding. Strategic Innovative Marketing and Tourism. DOI:10.1007/978-3-030-36126-6_120


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sri Yunan Budiarsi, Maria Mia Kristanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License