Pelatihan pembelajaran kreatif menggunakan canva for education untuk guru SD di Muhammadiyah Bodon

Fery Setyaningrum, Lovandri Dwanda Putra

Abstract


Kurangnya pembelajaran kreatif di sekolah  yang sangat diperlukan oleh peserta didik, guru masih kurang memiliki kompetensi aplikasi media untuk meningkatkan pemahaman peserta didik di masa pandemi covid-19, guru membutuhkan media yang cocok dalam pembelajaran, belum ada integrasi yang baik tiap mata pelajaran untuk pembelajaran berbasis online di masa pandemi covid-19 terutama mapel kewirausahaan di SD. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan wawasan dan kreatifitas kepada para guru di SD Muhammadiyah Bodon. Selain itu memberikan wawasan mengenai editing melalui canva sehingga dapat meningkatkan kompetensi guru di SD Muhammadiyah Bodon, meningkatkan integrasi yang baik tiap mata pelajaran dengan media yang cocok untuk pembelajaran berbasis online di masa pandemi covid-19 terutama mapel kewirausahaan di SD. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah metode ceramah dan diskusi, unjuk kerja (praktik) , self and group reflection, pengukuran ketercapaian pemahaman. Hasil pengabdian ini berupa peningkatan keberdayaan mitra yang berupa peningkatan pengetahuan tentang materi mengenai media pembelajaran yang kreatif dari hasil pretest dapat diketahui bahwa 70.6% (12 orang) belum mengenal canva secara umum, 29.4% (5 orang) sudah mengetahui canva secara umum. 82% (14) peserta belum mengetahui tentang canva for education dan 17,6% (3) orang peserta pengabdian sudah mengetahui baru-baru ini. Setelah dilaksanakan pengabdian dan melakukan posttes setelah mengikuti materi pengabdian canva for education semua peserta (100%) yang terlibat sepakat menyatakan tertarik menggunakan Canva untuk pendidikan/pembelajaran. Dampak dilakukannya pengabdian berupa dampak sosial yang terjadi adalah para peserta pelatihan menjadi semakin mahir mengenai materi dan solid karena saling bekerjasama sehingga terlihat lebih kompak.


Keywords


Pembelajaran Kreatif, Canva For Education, Guru Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran (edisi revisi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bakri, Fadhilah, N., & Dkk. (2021). Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru Di Kota Medan dan Jayapura Secara Online. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 1(7).

MS, S., Sudirman, Ariska, M., Desti, M. A., & Sari, M. (2020). Pendampingan Pembelajaran Inspiratif secara Online melalui Media Presentasi Canva untuk Guru-guru MGMP Fisika Kabupaten Musi Rawas. Wahana Dedikasi Jurnal PKM Ilmu Pendidikan, 3(2). Retrieved from doi: http://dx.doi.org/10.31851/dedikasi.v3i2.4948

Putra, L. D. (2020). Canva For Education Untuk Kelas Lebih Kreatif dan Produktif dalam Pembelajaran Jarak Jauh. In https://hightechteacher.id/canva-for-education/. Retrieved from https://hightechteacher.id/canva-for-education/

Sudjana, Amp, & Rivai, A. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.

Tiawan, D. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat SMK Di Smkn 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 fery setyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License