Pelatihan dasar kepemimpinan bagi siswa Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta

Ariadi Nugraha, Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo

Abstract


Pendidikan karakter dan soft skill tentu menjadi kebutuhan urgen dalam dunia pendidikan. Pendidikan karakter dan softskill bisa dikembangkan melalui pelatihan dasar kepemimpinan kepada organisasi kesiswaan seperti Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IPM). Melalui organisasi kesiswaan IPM akan memberikan kesempatan bagi siswa untuk melatih personality, attitude, leadership, communication skill dan masih banyak lagi. Salah satu uapaya dalam mengembangkan kemampuan kepemimpinan anggota organisasi IPM yang ada dilingkungan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta adalah dengan mengadakan kegiatan latihan dasar organisasi dan latihan dasar kepemimpinan. Rancangan kegiatan dalam pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat melalui berbagai metode, yaitu (1) Forum Group Discussion, (2) pelayanan informasi, (3) pendampingan, dan (4) pelatihan yang dilaksanakan secara daring. Metode-metode pelaksanaan tersebut akan disajikan dalam berbagai materi dan bekerjasama antara Universitas Ahmad Dahlan dengan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Implikasi aktifitas pengabdian kepada masyarakat berdampak pada terbentuknya kerjasama yang kuat dengan mitra untuk mengembangkan aktivitas kesiswaan, dan meningkatnya sikap kepemimpinan siswa dalam mengikuti setiap aktivitas akademik maupun non akaedmik yang ada di sekolah.

Keywords


pelatihan, kepemimpinan, soft skill, siswa

Full Text:

PDF

References


Fatimah, E. 2006. Piskologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.

Georgi R. Terry. (2006). Azas-Azas Manajemen. Bandung: Jakarta. Alumni.

Henry Simamora (2019). Manajement Sumber Daya Manusia. Jakarta: STIE YKPN.

Putra, A., & Suryadinata, S. (2020). Menelaah Fenomena Klitih di Jakarta Dalam Perspektif Tindakan Sosial dan Perubahan Sosial Max Weber. Asketik: Jurnal Agama dan Perubahan Sosial, 4(1), 1-21.

Nugraha, Salsabila & Nurani. (2018). Modul Latihan Dasar Organisasi dan Latihan Dasar Kepemimpinan Bagi Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2018. http:// usd.ac.id/snfkip2018. Doi.org/10.24071/snfkip.2018.03

Sabda, M. (2019). Hubungan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kepemimpinan Siswa Pramuka (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Serang Banten).

Setiani, F., & Rasto, R. (2016). Mengembangkan Soft Skill Siswa Melalui Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 160-166.

Undang-Undang Republik Jakarta Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Viethzal Rivai dan Dedi Mulyadi. (2009). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Press.

Widarto, P., & Widodo, N. (2012). Pengembangan model pembelajaran soft skills dan hard skills untuk siswa SMK. Cakrawala Pendidikan, 31(3), 409-423.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ariadi Nugraha, Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License