PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS GURU PAUD AISYIYAH NUR’AINI YOGYAKARTA DALAM INTERNALISASI PENDIDIKAN TANGGAP BENCANA NONALAM PANDEMI COVID 19 BAGI WARGA NEGARA DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Anom Wahyu Asmorojati, Indah Nur Shanty Saleh

Abstract


Pandemi Covid-19 sebagai bencana nonalam menjadi persoalan yang tidak sederhana bagi pendidikan anak usia dini atau PAUD.Peran guru PAUD menjadi sangat penting dalam memberikan pemahaman pendidikan tanggap bencana nonalam pandemi Covid-19 bagi anak usia dini sebagai bagian dari pemenuhan hak pendidikan warga negara. Oleh karena itu, para guru PAUD Aisyiyah Nur’aini memerlukan pelatihan dalam rangka menginternalisasi pendidikan tanggap bencana nonalam pandemi Covid-19. Tujuan program pengabdian masyarakat ini diarahkan pada peningkatan pemahaman dan keterampilan para guru dalam menginternalisasi pendidikan tanggap bencana nonalam pandemi Covid-19 terhadap peserta didik. Metode pelaksanaan yang digunakanmerupakan gabungan dariceramah, diskusi interaktif, serta praktek pembuatan media pembelajaran dan alat peraga edukatif.Melalui kegiatan pengabdian ini diperoleh hasil terjadi peningkatan kapasitas para guru PAUD Aisyiyah Nur’aini dalam aspek pemahaman dan keterampilan menginternalisasi pendidikan tanggap bencana nonalam pandemi Covid-19 bagi anak usia dini. Diharapkan hasil kegiatan pengabdian berupa media pembelajaran dan alat peraga edukatif pendidikan tanggap bencana nonalam Pandemi Covid-19 dapat membantu para guru PAUD Aisyiyah Nur’aini dalam menginternalisasi pendidikan tanggap bencana nonalam pendemi Covid-19 bagi peserta didiknya.


Keywords


pendidikan, tanggap bencana nonalam pandemi Covid-19, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


P. RI, “Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.” 2007.

N. Khattab, A. Abbas, A. Abbas, and S. F. Memon, “Children returning to schools following COVID-19: A balance of probabilities – Letter to the Editor,” Int. J. Surg., vol. 79, no. June, pp. 202–203, 2020.

C. Dong, S. Cao, and H. Li, “Children and Youth Services Review Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes,” Child. Youth Serv. Rev., vol. 118, no. August, p. 105440, 2020.

S. S. W. Sukmayadi, “Reading Corner Anti-corruption Literacy in Kindergarten ’Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) Perak Mosque Complex, Anti-corruption Village, Prenggan Village, Kotagede Yogyakarta,” J. Tarbiyatuna, vol. 11, no. 2, pp. 114–127, 2020.

Suyadi dan Maulidya Ulfa, Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

P. Guidance, Coping With Disasiter: Principle Guidance from an Islam Perspektive. Yogyakarta: Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) the, 2016.

T. H. Lee, “Innovations in Care Creating the New Normal: The Clinician Response to Covid-19,” NEJM Catal., pp. 1–3, 2020.

M. L. Ahmad Muhtadi, “Reboisasi Berbasis PAR Oleh Kelompok Tani Hutan (Pendampingan Riset Aksi Partisipatoris Di Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto) Martinus Legowo,” Surabaya, 2017.

A. W. Asmorojati, Hukum Pemerintahan daerah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Bingkai NKRI. Yogyakarta: UAD Press, 2020.

I. Y. I. Anom Wahyu Asmorojati, “Pelatihan dan pendampingan pembentukan Lembaga Mediasi Desa pada Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,” in Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 2020, no. 6, pp. 194–198.

A. W. Asmorojati, “Urgensi Pendidikan Anti Korupsi dan KPK dalam Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi di Indonesia,” in The 6th University Research Colloquium 2017, 2017, pp. 491–498.

P. R. Indonesia, “Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Sekretaris Negara Republik Indonesia, Jakarta, p. 6, 2003.

S. Z. N. N. A. Febriana, “The Fiqh of Disaster: The Mitigation of Covid-19 in the perspective of Islamic education-neuroscience,” Int. J. Disaster Risk Reduct., vol. IJDRR_2020, p. Article Inpress, 2020.

I. F. QC, “COVID-19: Fear, quackery, false representations and the law,” Int. J. Law Psychiatry, vol. 72, no. May, p. 101611, 2020.

E. Landriany, “Implementasi Kebijakan Adiwiyata Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang,” J. Kebijak. dan Pengemb. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 82–88, 2014.

J. Asshiddiqie, Pengantar Hukum Tata Negara. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

H. A. A. Jumadil, Mustari K., “Penerapan Program Adiwiyata Pada Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotor Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar Di Kota Kendari,” J. Sains Teknol., vol. 15, no. 2, pp. 195–202, 2015.

Elismarwati, “Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembelajaran dan Kebijakan Pendidikan Selama Pandemi Covid-19,” J. As-Salam, vol. 4, no. 2, pp. 231–245, 2020.

H. Suyadi, Sumaryati, Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini: PAUD Tahfidzulqur’an, PAUD Antikorupsi, PAUD Ramah Otak Berbasis Neurosains, PAUD Siaga Bencana, dan PAUD Adiwiyata. Yogyakarta: UAD Press, 2019.

M. R. Heri, Caesar, “Kesiapan Menghadapi Bencana Berbasis Sekolah,” J. Acad. Praja, vol. 1, no. 2, pp. 91–106, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Anom Wahyu Asmorojati, Indah Nur Santi Saleh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License