Pengolahan Sampah Anorganik Menggunakan Ulat Hongkong dan Ulat Jerman di Padukuhan Wuni, Giricahyo, Gunung Kidul

Ichsan Luqmana Indra Putra, haris setiawan, Danni Setyawan, Ragil Yoga Mandhala Wicaksana, Roby Ahmad Subagja

Abstract


Permintaan bahan plastik di dunia industri terus meningkat. Menurut World Bank, sampah plastik di dunia kemungkinan akan terus bertambah dari 1,3 miliar ton pertahun menjadi 2,2 miliar ton pada tahun 2025. Sebagai salah satu lokasi yang nantinya akan diproyeksikan menjadi destinasi wisata, Padukuhan Wuni kedepannya tentu akan mendapatkan banyak sampah, terutama sampah anorganik dari wisatawan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pengolahan sampah anorganik menggunakan ulat hongkong dan ulat jerman serta memberikan alternatif pengolahan sampah anorganik yang lebih ramah lingkungan kepada masyarakat. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut terdiri dari 3 tahapan. Tahapan pertama adalah koordinasi dengan mitra. Tahapan kedua merupakan rangkaian kegiatan inti yang terdiri dari beberapa penyuluhan dan pelatihan: Penyuluhan tentang pengelolaan sampah, terutama sampah anorganik, Pelatihan pengolahan sampah menggunakan ulat hongkong dan ulat jerman. Hasil dari kegiatan ini adalah masyarakat mendapatkan pengetahuan tambahan mengenai penggunaan ulat jerman dan ulat hongkong dalam mendegradasai sampah anorganik. Masyarakat jug dapat membudidayakan ulat jerman dan ulat hongkong yang dapat digunakan sebagai pakan ternak. Hasil degradasi sampah juga dapat digunakan masyarakat sebagai pupuk tanaman. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah adanya antusiasme warga dalam menggunakan ulat jerman dan ulat hongkong dalam mendegradasi sampah anorganik.


Keywords


Anorganik, plastik, sampah, ulat hongkong, ulat jerman

Full Text:

PDF

References


Rodiansono. (2005). Activity test and regenarationof Ni-Mo/ Zeolit catalyst for hydrocracking of water plastic fraction to gasoline fraction. Indonesian Journal of Chemistry. 5(3): 261 – 268.

Pathak, V.M., Navneet. (2017) Review on the current status of polymer degradation: a microbial approach. Bioresour.Bioprocess. 4, 15. https://doi.org/10.1186/s40643-017-0145-9.

Mohan, N. M., Gowda, A., Jaiswal, A. K. & Kumar, B. S., (2016). Assessment of efficacy, safety, and tolerability of 4-n-butylresorcinol 0.3% cream: an Indian multicentric study on melasma. Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, p. 21.

Peng, B., Li, Y., Chen, Z., Brandon, A. M., Criddle, C. S. Zhang, Y., Wu, W. (2020). Biodegradation of Low-Density Polyethylene and Polystyrene in Superworms, Larvae of Zophobas atratus (Coleoptera: Tenebrionidae): Broad and Limited Extent Depolymerization. Environmental Pollution. 266 (Pt1):115206. DOI: 10.1016/j.envpol.2020.115206.

Manullang, D. V. C., Nukmal, N. & Umar, S. (2018). Kemampuan Berbagai Tingkatan Stadium Larva Kumbang Tenebrio molitor L. (Coleoptera: Tenebrionidae) dalam Mengkonsumsi Styrofoam (Polystyrene). Jurnal Biologi Eksperimen dan Keanekaragaman Hayati. 4(2), 37-42.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 haris setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License