Peningkatan kapasitas guru dalam penanaman nilai kesetaraan dan keadilan gender pada pembelajaran PPKN di era new normal

Indah Nur Shanty Saleh, Purwati Zisca Diana

Abstract


Kegiatan peningkatan kapasitas guru dalam penanaman nilai kesetaraan dan keadilan gender dilaksanakan bagi para guru pengampu pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) di SMP Muhammadiyah se-Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menyempurnakan pemahaman para guru tentang nilai kesetaraan dan keadilan gender sebagai materi pembelajaran PPKN yang penting bagi peserta didik. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan  selama empat kali pertemuan secara daring melalui ceramah, diskusi interaktif maupun penugasan. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini diperoleh hasil terjadi peningkatan kapasitas para guru pengampu pelajaran PPKN di SMP Muhammadiyah se-Kabupaten Gunungkidul dalam aspek pemahaman pentingnya menginternalisasi nilai kesetaraan dan keadilan gender dalam pembelajaran PPKN bagi para peserta didik. Nilai kesetaraan dan keadilan gender sebagai bagian dari implementasi sila kedua Pancasila merupakan bagian dari materi pembelajaran yang memberikan kontribusi positif bagi pembentukan karakter peserta didik agar setara dan adil gender, khususnya pada pembelajaran era new normal. Luaran kegiatan pengabdian pada masyarakat ini selain artikel, juga dalam bentuk hasil media pembelajaran, video kegiatan, dan  publikasi media massa.


Keywords


kesetaraan dan keadilan gender, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, era new normal

Full Text:

PDF

References


Patini, 2013, Bias Gender dalam Birokrasi, Tiara Wacana, Yogyakarta, hlm. 1.

Irianti, Sulistyowati, 2016, Perempuan dan Hukum: Menuju Hukum yang Berperspektif Kesetaraan dan Keadilan, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta, hlm. 91.

Wahyudi, D., & Wardani, D. S., 2018, Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Melalui Multimedia LCD Proyektor. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(1), hlm. 1.

Rahmatulla, A. S., 2014, Internalisasi Nilai Gender melalui Dolanan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), hlm. 365.

Mufidah Ch., 2011, Strategi Implementasi Pengarusutamaan Gender Bidang Pendidikan Islam. Jurnal Pemikian Islam, 11(2), hlm. 391.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 indah nur shanty saleh, Purwati Zisca Diana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License