Pelatihan pembuatan video animasi sebagai media pembelajaran secara daring bagi guru SD di BKS Umbulharjo Yogyakarta

Adhi Prahara, Nur Rochmah Dyah Pujiastuti, Nuril Anwar

Abstract


Kebijakan pemerintah melalui Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa pandemi virus Corona mengharuskan proses belajar dilakukan dari rumah secara daring. Terutama bagi daerah yang masih berada pada status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan 4. Kondisi tersebut berdampak pada sekolah terutama guru di BKS Umbulharjo yang diwajibkan untuk menguasai teknologi agar dapat menyelenggarakan pembelajaran secara daring. Oleh karena itu, dalam kegiatan PPM ini dilaksanakan pelatihan pembuatan media pembelajaran yaitu video animasi bagi guru-guru di BKS Umbulharjo. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru dalam membuat video animasi sebagai sarana media pembelajaran daring yang efektif. Dari hasil evaluasi produk media pembelajaran yang dibuat peserta dengan materi sesuai masing-masing kelas dan dari hasil survei setelah pelatihan didapatkan 81% responden setuju bahwa mereka mampu membuat produk video animasi yang baik untuk media pembelajaran daring dan 90,5% responden setuju bahwa kemampuannya meningkat setelah mengikuti pelatihan.

Keywords


pengabdian; pembelajaran daring; media pembelajaran; video animasi

Full Text:

PDF

References


Adittia, A. (2017). Penggunaan media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 9–20.

Afridzal, A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Gambar Dan Video Animasi Pada Materi Karangan Deskripsi Di Kelas III SD Negeri 28 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 231–247.

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan media pembelajaran animasi Powtoon pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56.

Hadi, S. (2017). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017, 96–102.

Hasmira, H., Anwar, A., & Yusuf, M. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 1 Ngapa. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS, 1(2), 128–137.

Kemendikbud. (2020). SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 4 TAHUN 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72.

Prahara, A., & Azhari, A. (2020). Pelatihan pembuatan media pembelajaran dan penggunaan aplikasi rapor bagi guru TK Perintis Sendangtirto Kecamatan Berbah. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 366–372.

Saputra, H. J., & Shofa, V. M. (2015). Keefektifan Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Bandungrejo 02 Mranggen. SEMINAR NASIONAL PGSD 2015.

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Adhi Prahara, Nur Rochmah Dyah Pujiastuti, Nuril Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License