Integrasi Model Pembelajaran dalam pembelajaran daring di masa pandemi untuk Guru IPA SMP/MTs Muhammadiyah se-Kabupaten Bantul

Yahya Hanafi, Much. Fuad Saifuddin, Alfian Ma’arif

Abstract


Pandemi Covid-19 telah memaksa dunia pendidikan Indonesia untuk beradaptasi dari pembelajaran secara tatap muka menjadi pembelajaran berbasis jaringan (daring). Guru sebagai kunci utama dalam menyelenggarakan pembelajaran daring memiliki berbagai kendala, antara lain: menyusun instruksional pembelajaran, menerapkan model pembelajaran dalam pembelajaran daring, memilih sumber belajar dan melakukan evaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran. Permasalahan yang ada dapat diselesaikan dengan adanya pelatihan bagi guru terkait dengan pembelajaran daring dengan menggunakan platform Edmodo, schoology dan sejenisnya. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini yaitu untuk memberikan alternatif platform yang dapat digunakan untuk pembelajaran online, mengintegrasikan model pembelajaran ke dalam pembelajaran daring, menyusun instruksional pembelajaran sesuai dengan sintak model pembelajaran dalam pembelajaran daring. Metode kegiatan dilakukan dalam pola pelatihan dan pendampingan secara online sinkronous dan asinkronous. Mitra PPM yaitu Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bantul, dengan sasaran peserta Guru IPA SMP/MTs Muhammadiyah se-Kabupaten Bantul. Kegiatan PPM dilaksanakan bulan Juli-Oktober 2021 secara daring. Selama pembelajaran daring media/platform yang sering digunakan guru IPA SMP/MTS Muhammadiyah di Kabupaten Bantul yaitu Whatsapp dan google classroom. Kendala utama yang dialami pembelajaran daring yaitu jaringan internet dan perangkat gadget yang digunakan. Metode pembelajaran daring yang digunakan oleh guru menyesuaikan dengan kondisi keragaman peserta didiknya. Dampak dari kegiatan pengabdian ini yaitu guru dapat memanfaatkan platform Edmodo dalam proses pembelajaran. Guru dapat mengatur aktivitas di edomodo berupa instruksi pembelajaran, penugasan, diskusi, kuis, dan penyajian sumber belajar. Guru dapat mengintegrasikan model pembelajaran dalam pembelajaran dengan menggunakan Edmodo.


Keywords


daring, model pembelajaran, edmodo

Full Text:

PDF

References


Amalia, A. F., & Adi, D. P. (2021). Tingkat Keberhasilan Sistem Pembelajaran Daring Ditengah Pandemi Covid-19 Pada Matapelajaran IPS : Studi Kasus Siswa MTs Nurul Jadid Randuboto Sidayu. Solidarity: Journal of Social Studies, 01(01), 1–12.

Balasubramanian, K., Jaykumar, V., & Fukey, L. N. (2014). A Study on “Student Preference towards the Use of Edmodo as a Learning Platform to Create Responsible Learning Environment.” Procedia - Social and Behavioral Sciences, 144, 416–422. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.311

Dewi, N. P., & Laelasari, I. (2020). Penerapan Pembelajaran Ipa Daring Berbasis Whatsapp Group Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyyah di Tengah Pandemi Covid-19. 14, 249–268.

Gan, B., Menkhoff, T., & Smith, R. (2015). Enhancing students’ learning process through interactive digital media: New opportunities for collaborative learning. Computers in Human Behavior, 51, 652–663. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.12.048

Hali, F. (2021). Efektifitas Pembelajaran Daring Berbasis Edmodo Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Turunan Fungsi Di Masa Covid-19. 8(2), 53–59.

Hasbi, M., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 298–303.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2007). Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16 Tahun 2007). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Krutka, D. G., Bergman, D. J., Flores, R., Mason, K., & Jack, A. R. (2014). Microblogging about teaching: Nurturing participatory cultures through collaborative online reflection with pre-service teachers. Teaching and Teacher Education, 40, 83–93. https://doi.org/10.1016/j.tate.2014.02.002

Marie, S. M. J. A. (2021). Improved pedagogical practices strengthens the performance of student teachers by a blended learning approach. Social Sciences & Humanities Open, 4(1), 100199. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100199

Mirzon, & Amda, A. D. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu Research & Learning in Elementary Education, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Muhajir, Musfikar, R., & Hazrullah. (2019). Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Minat dan Hasil Belajar (Studi Kasus di SMK Negeri Al Mubarkeya) Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 50–56.

Muzyanah, S., Asmaningrum, H. P., & Buyang, Y. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Edmodo Sebagai Penunjang Pembelajaran Kimia. Musamus Journal Science Education, 1(1), 33–44.

Putranti, N. (2013). Cara Membuat Media Pembelajaran Online. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 2(2), 139–147.

Rachmawati, Y., Ma’arif, M., Fadhillah, N., Inayah, N., Ummah, K., Nuh, M., Siregar, F., Amalyaningsih, R., Aftannaila, F., & Auliyah, A. (2020). Indonesian Journal of Science Learning. Indonesian Journal Of Science Learning (IJSL), 1(1), 32–36.

Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3). https://doi.org/10.21831/JPV.V2I3.1043

Sudiarta, I. G. P., & Sadra, I. W. (2016). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49(2). 48–58.

Sugiharni, G. A. D., & Setiasih, N. W. (2018). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Evaluasi Blended Learning Matakuliah Matematika Diskrit di STIKOM Bali Berbasis Model Alkin. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 93. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2626

Wicaksana, E. J., Atmaja, P., & Muthia, G. A. (2021). E-Learning Edmodo Dengan Model PBL Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 22–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um052v12i1p22-29


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yahya Hanafi, Much. Fuad Saifuddin, Alfian Ma’arif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License