Penguatan kompetensi pedagogik guru melalui pelatihan evaluasi pembelajaran berbasis information technology (IT)

Asih Mardati, Hanum Hanifa Sukma, Muhamad Fakhrur Saifudin

Abstract


Kondisi pandemi Covid-19 menjadikan kegiatan belajar mengajar di sekolah dilaksanakan secara daring. Fakta di lapangan ditemukan beberapa guru mengalami kendala dalam pelaksanaan proses pembelajaran daring, diantaranya kesulitan mengembangkan evaluasi pembelajaran secara daring berbasis IT. Sehingga, perlu adanya pengembangan diri bagi Guru SD Muhammadiyah Se-Kecamatan Moyudan dalam penguatan kompetensi pedagogik khususnya menyusun evaluasi pembelajaran melalui aplikasi Kahoot. Tujuan dari PPM ini adalah untuk membantu guru dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran daring berbasis IT melalui aplikasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan metode tatap muka dengan jumlah terbatas dan tetap mematuhi protokol Kesehatan, serta dilakukan secara daring. Teknik pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan demonstrasi, praktik, diskusi, pendampingan. Tahap awal dilakukan dengan demonstrasi pengenalan berbagai aplikasi yang dapat digunakan dalam evaluasi pembelajaran. Selanjutnya dilakukan praktik menyusun draft soal evaluasi berbasis aplikasi. Kegiatan dilaksanakan pada 27 Mei dan 12 Juni 2021 dengan jumlah peserta 25 guru se-Kecamatan Moyudan. Jumlah mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini 2 orang. Mitra pelaksanaan kegiatan ini adalah PCM Moyudan. Hasil dari keterlakasanan PPM ini diantaranya kegiatan berjalan dengan lancar, antusias peserta pelatihan yang sangat baik, serta adanya peningkatan pemahaman guru dalam menyusun evaluasi pembelajaran berbasis aplikasi Kahoot. Adapun dampak dari kegiatan ini guru mampu mengembangkan evaluasi pembelajaran secara daring melalui Kahoot.

Keywords


Kompetensi pedagogik; Evaluasi pembalajaran; Berbasis IT

Full Text:

PDF

References


Aliustaoğlu, F., & Tuna, A. (2021). Examining the pedagogical content knowledge of prospective mathematics teachers on the subject of limits. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 52(6), 833–856. https://doi.org/10.1080/0020739X.2019.1703148

Budiman, A., Sabaria, R., & Purnomo, P. (2020). Model Pelatihan Tari: Penguatan Kompetensi Pedagogik & Profesionalisme Guru. Panggung, 30(4), 532–548. https://doi.org/10.26742/panggung.v30i4.1370

Darimi. (2015). Peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI dalam pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA, 4(2), 704–719.

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283

Fitria, R. N., Darmadi, D., Pertiwi, W., Wardani, M. P., Wulandari, Y., & Aysah, E. I. N. (2020). Tingkat Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan E-Learning dan Platform Daring. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 306–314. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1318

Jacob, M. J. (2021). Analisis Kesiapan Guru dalam Menyusun Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. 7(April), 68–78. https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i1.1148

Jalal, M. (2020). Kesiapan Guru Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Covid-19. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 35. https://doi.org/10.30631/smartkids.v2i1.61

Jelatu, S., Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Makur, A. P., Ningsi, G. P., & Sugiarti, L. (2020). Penguatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui Penggunaan Dynamic Geometry Software dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 1025–1034. https://doi.org/10.30653/002.202054.400

Kusuma, Y. Y., Kelas, P., & Pelajarantematik, M. (2020). Analisis Kesiapan Guru Kelas Dalam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(2), 264–272.

Mustapa, K., Zainal, S., & Mawaddah, H. (2021). Kesiapan Guru dan Strategi Pembelajaran di Era Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 1(1), 561–568.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Asih Mardati, Hanum Hanifa Sukma, M. Fakhrur Saifudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License