Pelatihan Sistem Akreditasi Sekolah Berbasis IASP 2020 di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta

Enung - Hasanah, Sukirman Sukirman, ilham Andika Putra, Pebriana Priambodo

Abstract


Pada tahun 2020, sistem akreditasi sekolah/madrasah telah berubah dari sistem berbasis kepatuhan menjadi berbasis kinerja. Sistem ini diterapkan sejalan dengan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 (IASP 2020), instrumen akreditasi sekolah/madrasah terbaru, yang telah diterapkan sebagai instrumen akreditasi sekolah/madrasah sejak tahun 2020 untuk seluruh sekolah/madrasah di Indonesia. Pemahaman mitra terhadap sistem akreditasi sekolah berbasis IASP 2020, sistem penjaminan mutu eksternal yang baru saja diterapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN SM) mulai tahun 2020. Cara pelaksanaannya dilakukan secara online. Hasil pelaksanaan pengabdian ini menunjukkan: 1) Mitra menilai bahwa proses pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini sebagai kegiatan yang positif dan layak untuk dilanjutkan; 2) Mitra mengalami peningkatan pengetahuan baik dari setiap komponen mutu pada IASP 2020 yang meliputi kualitas lulusan, kualitas guru, kualitas pembelajaran, dan kualitas manajemen sekolah.


Keywords


IASP 2020, akreditasi, SMA, penjaminan mutu sekolah

Full Text:

PDF

References


Abid Azhar, K., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google Classroom: Teachers’ Perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 52–66.

Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156

Ekosiswoyo, R. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 76–82.

Eliyanto, U. B. W. (2012). Pengaruh Jenjang Pendidikan, Pelatihan, Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Sma Muhammadiyah Di Kabupaten Kebumen. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1).

Ginting, R., & Haryati, T. (2012). Kepemimpinan dan Konteks Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah CIVIS.

Güner, R., Hasanoğlu, İ., & Aktaş, F. (2020). Covid-19: Prevention and control measures in community. Turkish Journal of Medical Sciences, 50(SI-1), 571–577. https://doi.org/10.3906/sag-2004-146

Handayani, M. (2016). Pencapaian standar nasional pendidikan berdasarkan hasil akreditasi SMA Di provinsi dki Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 179–202.

Hasanah, E., Purnawan, P., Kuat, K., & Hamidun, E. (2020). Pelatihan penjaminan mutu sekolah berbasis akreditasi di SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Prosiding Hasil Pengabdian Kepada Masyarkat, 799–806.

Pohan, albert efendi. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. CV. Sarnu Untung.

Raharjo, S. B. (2013). Evaluasi trend kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. https://doi.org/10.21831/pep.v16i2.1129

SNP. (2011). Standar Nasional Perpustakaan. Standar Nasional Perpustakaan.

SNP. (2020). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling.

Subijanto, & Wiranto, S. (2012). Analisis Kinerja Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.

Subijanto, & Wiratno, S. (2012). Analisis Kinerja Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i3.90

Supriyanto, Supriyanto, E., & Maryadi. (2013). Pengelolaan Akreditasi Sekolah (Studi Situs SD Negeri 2 Mranti Kecamatan Purworejo). Penelitian Humaniora.

Triwiyanto, T. (2013). Standar nasional pendidikan sebagai indikator mutu layanan manajemen sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Zulkifli, M. (2015). Kinerja Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/madrasah (BAP S/M) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 168–189.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Enung - Hasanah, Sukirman Sukirman, ilham Andika Putra, Pebriana Priambodo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License