Pengembangan bahan ajar digital bagi guru SD Muhammadiyah Wanadadi Banjarnegara

Syariful Fahmi, Yosi Wulandari

Abstract


Pembelajaran dengan bantuan bahan ajar digital merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menyikapi pandemic covid 19, yang menuntut siswa dan guru belajar secara daring. Salah satu aplikasi pendukung untuk membuat bahan ajar digital adalah dengan menggunakan e-book yang dikemas dengan power point interaktif. E-book sendiri dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate, dan power point interaktif dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Pear Deck. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk membantu melakukan pengembangan bahan ajar digital dengan menggunakan Flip PDF Corporate dan Pear Deck, dan untuk membantu menyelesaikan permasalahan dalam penggunaan bahan ajar digital dengan menggunakan Flip PDF Corporate dan Pear Deck di proses belajar mengajar di kelas. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilakukan dengan menggunakan metode pendampingan, pelatihan dan penyampaian materi (ceramah). Program ini dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2021-21 November 2021 dengan peserta kegiatan yaitu guru-guru SD Muhammadiyah Wanadadi yang berjumlah 18 guru. Pelaksanaan pelatihan sangat mendukung kegiatan belajar mengajar online guru di kelas. Kegiatan ini membantu guru di SD Muhammadiyah Wanadadi melakukan pengembangan bahan ajar digital dengan menggunakan Flip PDF Corporate dan Pear Deck, dan untuk membantu menyelesaikan permasalahan dalam penggunaan bahan ajar digital dengan menggunakan Flip PDF Corporate dan Pear Deck di proses belajar mengajar di kelas.

Keywords


Flip PDF profesonal, e-book, matematika

Full Text:

PDF

References


Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 1 ayat 19 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Sanjaya, R., Christanti, A. R., &Prayogo, M. S. (2017). Mudah Membuat Game Edukasi Berbasis Android. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Sanjaya, R., Christanti, A. R., &Prayogo, M. S. (2017). Mudah Membuat Game Edukasi Berbasis Android. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Hermawan, S. (2011). Mudah Membuat Aplikasi Android (T. A. Prabawati Ed.): Penerbit ANDI

Seng Hansun, M. B. K., Michael Wijaya Saputra. (2018). Pemrograman Android dengan Android Studio IDE (Giovanny Ed.). Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Tim Penyusun. 2014. Kumpulan Permen dan Permendikbud Tentang implementasi kurikulum 2013 sekolah menengah atas. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 1 ayat 19 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Fahmi, S., Cahdriyana, R. A., & Istihapsari, V. (2018, January). Pelatihan dan pendampingan kemampuan guru dalam pembelajaran matematika melalui pelatihan dengan menggunakan adobe flash cs 3 bagi guru-guru matematika smp muhammadiyah se-kabupaten klaten. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (Vol. 1, pp. 293-296)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Syariful Fahmi, Yosi Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License