Pengolahan limbah batik, manajemen strategi bisnis dan pemasaran online Komunitas Batik Sidoasih, Tahunan, Yogyakarta

Fitri Indra Indikawati, Shinta Amelia, Poppy Laksita Rini

Abstract


Pandemi Covid-19 berdampak sangat signifikan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) karena rata-rata omzet turun drastis hanya tersisa 30-50 % dari penjualan normal. Komunitas Batik Sidoasih, Yogyakarta merupakan salah satu komunitas batik di Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta yang juga merasakan dampak dari pandemi ini. Hal krusial dalam membangkitkan ekonomi UMKM adalah penyesuaian strategi bisnis dan metode pemasaran produk dengan kaidah ”new normal”, tidak hanya sekedar memberikan stimulus bantuan. Selain itu, pengetahuan pengolahan limbah batik juga masih belum dilakukan dengan baik dan benar sehingga berpotensi untuk mencemari lingkungan. Kondisi ini melatarbelakangi rangkaian kegiatan pengabdian untuk ranting Tahunan, Umbulharjo, khususnya komunitas batik Sidoasih. Metode kegiatan berupa pemberian modul pelatihan, pemaparan materi, sesi tanya jawab. Materi yang dibahas dalam program pengabdian ini antara lain tentang strategi bisnis dan menajemen keuangan, penggunaan marketplace untuk pemasaran online dan pengolahan limbah batik. Hasil yang dapat dilihat dari kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan atau pengetahuan peserta megenai strategi bisnis dan menajemen keuangan, penggunaan marketplace untuk pemasaran online dan pengolahan limbah batik. Rangkaian kegiatan ini dipublikasikan melalui prosiding, video melalui kanal Youtube, dan media massa.

Keywords


new normal; strategi bisnis; manajemen keuangan; pemasaran online; pengolahan limbah

Full Text:

PDF

References


Amelia, S., & Maryudi, M. (2019). Application of natural zeolite in methylene blue wastewater treatment process by adsorption method. Jurnal Bahan Alam Terbarukan, 8(2), 144–147.

Humaira, I., & Sagoro, E. M. (2018). Pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan kepribadian terhadap perilaku manajemen keuangan pada pelaku UMKM sentra kerajinan batik KABUPATEN BANTUL. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1), 96–110.

Indonesia, B. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengan (UMKM). jakarta: Lembaga Pengembangan Perbankan Indoensia kerjasama dengan Bank Indonesia.

Jannah, F., Rezagama, A., & Arianto, F. (2017). Pengolahan Zat Warna Turunan Azo dengan Metode Fenton (Fe2++ H2O2) dan Ozonasi (O3). Diponegoro University.

Khairunnisa, K., Rezagama, A., Arianto, F., & others. (2017). Penurunan Kadar Cod dan Warna pada Limbah Artifisial Batik Zat Warna Turunan Azo Menggunakan Metode Adsorpsi Arang Aktif dan Ozonasi+ feso4. 7h2o. Jurnal Teknik Lingkungan.

Laura Hardilawati, W. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98.

Maryudi, M., Amelia, S., & Salamah, S. (n.d.). Removal of Methylene Blue of Textile Industry Waste with Activated Carbon Using Adsorption Method. Reaktor, 19(4), 168–171.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fitri Indra Indikawati, Shinta Amelia, Poppy Laksita Rini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License