Strategi pengolahan sampah berbasis technopreneurship menuju ekonomi kreatif

Ajeng Suci Ratnaningsih, Iis Suwartini, Dwi Aristi, Isah Fitriani, Feti Setyowati, Annisa Novasari

Abstract


Masalah sampah belum dapat tertangani secara maksimal tak terkecuali Dusun Nandan. Perlu adanya sinergi dari semua lapisan masyarakat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan masyarakat untuk membantu mensukseskan program pemerintah desa bebas sampah yaitu dengan meminimalisasi sampah rumah tangga. Oleh karena itu, kami menerapkan pengolahan sampah berbasis technopreneurship. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meminimalisasi limbah rumah tangga dan menghasilkan profit. Metode yang dilakukan berupa sosialisasi, pelatihan, peningkatan kapasitas anggota dan kelompok, penerapan IPTEKS, pendampingan, percontohan, evaluasi dan keberlanjutan program. Hasil kegiatan terjadi perubahan perilaku masyarakat yang semula membuang sampah menggunakan jasa petugas kebersihan kini mulai mengolahnya untuk memperoleh profit. Selain itu, terciptanya tata kelola sampah berbasis technopreneurship. Dampak yang ditimbulkan menurunnya volume sampah di Dusun Nandan serta memperoleh profit dari pengolahan sampah. Hasil pengolahan sampah kemudian digunakan untuk mensukseskan program kerja Karang Taruna. Dengan adanya program pengolahan sampah berbasis technopreneurship tentunya menjadi solusi terhadap pencemaran lingkungan maupun produktifitas kelembagaan.


Keywords


Waste processing, technopreneurship, creative economy

Full Text:

PDF

References


Musyafiq, A., Hilman, Z. dan Vicky, P. (2020). Pemilihan Teknologi PLTSa di Kota Yogyakarta (Studi Kasus: TPA Piyungan Yogyakarta). Power Elektronik: Jurnal Orang Elektro, 8 (2), 1–4.

Suhandi, K. D. (2015). Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan Unit Pengelolaan Sampah Terpadu di Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Suryanto, Supriyono dan Sukarno. (2016). Ibm Dusun Nandan Sariharjo Ngaglik Sleman dalam Menangani Drainasi Gang. Jurnal Teknik Sipil, XI (1), 50–6.

Mopangga, H. (2015). Studi Kasus Pengembangan Wirausaha Berbasis Teknologi (Technopreneurship) di Provinsi Gorontalo. Trikonomika, 14 (1), 13–24.

Anggraini, R. A., Rousyati dan Alamsyah, D. P. (2019). Analisis Penerapan Technopreneurship Pada Perusahaan Energi Alternatif. Jurnal Kajian Ilmiah. 19 (2), 119–125.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ajeng Suci Ratnaningsih, Iis Suwartini, Dwi Aristi, Isah Fitriani, Feti Setyowati, Annisa Novasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License