PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE USAHA DI KALA PANDEMI PADA PIMPINAN CABANG NASYIATUL ‘AISYIYAH PIYUNGAN

miftahurrahma rosyda, Murein Miksa Mardhia, Faisal Fajri Rahani

Abstract


Di masa pandemi ini banyak yang terpaksa kehilangan pekerjaan atau dikurangi gajinya agar perusahaan tetap dapat berdiri tegak. Perempuan yang bekerja di luar maupun yang menjadi ibu rumah tangga tentunya berpikir keras untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Ide kreatif banyak yang muncul untuk memulai usaha online dan bisa dijajakan dari rumah, namun kemampuan untuk menjajakan jualan di dunia yang serba digital ini dirasa kurang dimiliki oleh anggota PC NA Piyungan yang berjumlah sekitar 30 orang. Oleh karena itu kami bermaksud mengadakan pelatihan pembuatan website guna memperlancar usaha yang dimiliki anggota PC NA Piyungan. Selain melatih membuat website kami juga memberikan pelatihan cara memfoto produk yang bisa mendatangkan minat pembeli untuk produk yang dipasarkan. Metode dalam memberikan pelatihan pembuatan website dilakukan secara luring pada tanggal 13 Juni 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pelatihan diawali dengan pengenalan literasi agar peserta mudah menuangkan ide tulisan dan mempelajari ilmu “softselling” dalam menawarkan jualan. Kemudian dilanjutkan pembuatan website menggunakan platform gratis seperti blogspot dengan mencoba membuat 1 post berisi tulisan sendiri. Pelatihan selanjutnya pada tanggal 26 September 2021 yaitu mengisi tampilan website foto produk yang sesuai dengan standar ecommerce. Pada pelatihan foto produk kami memanfaatkan smartphone yang dimiliki peserta, kemudian peserta juga diajari untuk mengeditnya dengan software Canva. Hasil PPM yaitu berupa website dengan platform blogger dan hasil foto produk yang telah diunggah di media sosial peserta. Website tersebut berisi artikel ringan yang ditulis oleh Anggota PC NA, Luaran dari kegiatan PPM ini adalah artikel online yang dimuat di MediaMu, artikel di media cetak Harian Jogja dan video pengabdian yang telah diunggah di youtube. 



Keywords


blogger, blogspot, jualan online, foto produk, Canva

Full Text:

PDF

References


F. Di Gennaro et al..(2020) “Coronavirus diseases (COVID-19) current status and future perspectives: A narrative review,” International Journal of Environmental Research and Public Health. doi: 10.3390/ijerph17082690.

S. Wren-Lewis, The economic effects of a pandemic. 2020.

G. Pratama.(2020) “Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19,” Ecopreneur J. Progr. Stud. Ekon. Syariah.

Hardilawati, W. laura. (2020). “Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19”, Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89-98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Malik, M. E., Ghafoor, M. M., Hafiz, K. I., Riaz, U., Hassan, N. U., Mustafa, M., & Shahbaz, S. (2013). “Importance of brand awareness and brand loyalty in assessing purchase intentions of consumer”, International Journal of business and social science, 4(5).

Li, Xin, Mengyue Wang, and Yubo Chen. (2014)."The impact of product photo on online consumer purchase intention: an image-processing enabled empirical study." PACIS PROCEDINGS. 325.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 miftahurrahma rosyda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License