Gerakan ekonomi berjama’ah wirausaha di imogiri melalui e-commerce dan jimpitan digital berbasis android

Phisca Aditya Rosyady, Ahmad Raditya Cahya Baswara, Muhammad Safar Nasir

Abstract


Penggunaan media digital sebagai salah satu medium komunikasi semakin diminati. Fakta ini ternyata mendorong banyak pelaku usaha memanfaatkan media digital sebagai sarana berkomunikasi dengan konsumen. Termasuk para pelaku usaha di daerah-daerah seperti di Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul. Terlebih setelah pandemi Covid-19, banyak bermunculan para wirausahawan dadakan karena memang mereka terdampak secara finansial. Pemuda Muhammadiyah sebagai salah satu penggerak masyarakat di Imogiri, hadir memfasilitasi para wirausahawan dan masyarakat selaku calon pembeli dengan adanya media jual beli online berupa group whatsapp. Namun perkembangannya anggota group whatsapp tersebut semakin banyak peminatnya hingga 200 orang. Hal ini mengakibatkan lalu lintas chat yang tak terbendung dan berakibat tidak efektif lagi proses pemasaran dan transaksi di sana. Pengabdian masyarakat dari tim dosen FTI dan FEB ini hadir untuk menyelesaikan permasalahan itu. Melalui pembuatan e-commerce dan fitur jimpitan digital berbasis android dengan nama pasarakyat ini, pengguna group whatsapp wirausaha tersebut bisa memanfaatkan aplikasi di smartphone untuk memasarkan dan mencari produk yang dipasarkan. Pembuatan aplikasi ini dilakukan selama 3 Bulan, sejak Juli hingga September 2021. Sedangkan untuk membekali pengguna aplikasi tersebut, diberikan pelatihan manajemen bisnis dan keuangan serta digital marketing pada 16 dan 23 Juni 2021.

Keywords


wirausaha, e-commerce, ekonomi berjamaah

Full Text:

PDF

References


Jayanti, G. (2014). Penerapan E-Commerce Dalam Proses Komunikasi Pemasaran Di Toko East Kalimantan Center Samarinda. E Journal Ilmu Komunikasi, 2(3), 219–228.

Nikmah, F. (2017). Kajian Tentang Pemasaran Online untuk Meningkatkan Peluang Bisnis.

Administrasi Dan Bisni, 11(1), 47–56.

Prasetyo, K. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Eksistensi Industri Kerajinan Kulit Di Kabupaten Magetan. Jurnal Pendidikan Geografi, 3(3), 338–346.

Rahmi, A., Adidi, M., Mahasiswi, Y., Dosen, D., Studi, P., Bisnis, A., & Uir, F. (2015). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Dikalangan Mahasiswa ( Study Kasus Mahasiswa Fisipol Universitas Islam Riau ). Valuta, 1(1), 149–172.

Sulistyowati, E. (2014). Motivasi dan Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Industri Kerajinan Kulit. Jurnal MAKSIPRENEUR, 3(2), 85–101.

Wandanaya, A. B. (2012). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk. CCIT Journal, 5(2), 174–185.

Rosyady, P.A & Rahmadhia, S.N (2020). Pelatihan dan pendampingan pemeliharaan alat sistem pengairan otomatis dan online marketing produk pertanian di Desa Wareng. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 123-128.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Phisca Aditya Rosyady, Ahmad Raditya Cahya Baswara, Muhammad Safar Nasir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License