Pengembangan desa wisata Purbayan berbasis literasi

Iis Suwartini, Bambang Robiin, Vera Yuli Erviana, Arif Ardy Wibowo

Abstract


Desa Wisata Purbayan memiliki beragam potensi seperti adat, budaya, tradisi, dan bangunan bersejarah yang perlu dilestarikan. Sumber daya masyarakat belum dioptimalkan sepenuhnya guna mendukung pengembangan desa wisata. Untuk itu perlu digalakkan gerakan literasi yang mencakup literasi baca tulis, literasi digital dan literasi budaya. Tujuan kegiatan untuk mengangkat potensi yang ada sebagai icon wisata. Pengabdian yang kami lakukan secara blended learning. Adapun beberapa metode yang dilakukan diantaranya: pelatihan, penyuluhan dan pendampingan IPTEK. Hasil kegiatan pengabdian  terciptanya web desa, konten youtobe, masyarakat terampil menulis berita dan melakukan pementasan kesenian. Dampak yang dihasilkan meningkatnya keterampilan masyarakat dalam berliterasi. Dengan begitu potensi yang dimiliki Desa Purbayan kini dapat diketahui masyarakat luas guna meningkatkan daya tarik wisatawan lokal maupun domestik.


Keywords


Desa Wisata, Purbayan, Literasi

Full Text:

PDF

References


Anggraini, R.A, and D. P. Alamsyah, 2019.Analisis Penerapan Technopreneurship Pada Perusahaan Energi Alternatif. Kaji. Ilm. Univ. Bhayangkara Jakarta Raya, 19 (2), 119-125.

Muhyi, H. 2012. Pengaruh Keterampilan Berwirausaha Terhadap Pertumbuhan Usaha Berkelanjutan Pada Industri Kecil Di Kota Sukabumi Indonesia. J. Dialectics. 2 (3), 2425-88.

Prayogi, Riyan dan Endang Danial. 2016. Pergeseran Nilai-Nilai Budaya Pada Suku Bonai Sebagai Civic Culture di Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. HUMANIKA. 23 (1), 61-79.

Robiin, Bambang. 2020. Campus Stalls : A Marketplace Specifically for Students College Needs. 176 (31), 22–27.

Sakti, A. B., & Prasetyo, A. (2018). PotensiPeningkatan Produktivitas Kewirausahaan Berbasis Model Penguatan Teknopreuner Pada Hasil Inovasi Di Kota Magelang. Jurnal Rep (Riset Ekonomi Pembangunan). 3(1).

Syamsudin, Erman. 2017. Panduan Penyelenggara Program Kampung Literasi. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.

Supriyati, Endang., M. Iqbal, and T. Khotimah. 2016. Model Pendampingan Neuro Coaching untuk Membangun Karakter Technopreneurship Mahasiswa dalam upaya Mencetak Wirausaha Baru. Prosiding SNATIF ke-3. 203–208.

Sumarto.2019.Budaya, Pemahaman dan Penerapannya “Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Keseninan dan Teknologi. Literasiologi. 1(2), 144-159.

Wicaksono, E.K and I.Nurnida, 2017. Analisis Penerapan Technopreneurship pada Perusahaan Energi Alternatif (Studi Pada CV Wahana Putera Ideas Bandung ). Proceeding of Management. 4(2), 1831–1837.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Iis Suwartini, Bambang Robiin, Vera Yuli Erviana, Arif Ardy Wibowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License