Peningkatan tata kelola pekarangan berbasis ekonomi digital di Dusun Ngunan-unan Sanden Bantul

Dini Yuniarti Yuniarti, Marsudi Endang Sri Rejeki, Adhitya Rechandy Christian

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan sosialisasi pentingnya peningakatan tata kelola kegiatan berupa adminstrasi dan keuangan pekarangan. Selain itu, pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pelatihan system serta pendampingan penyusunan system administrasi dan keuangan kegiatan pekarangan kepada masyarakat Dusun Ngunan-ngunan. Pengabdian ini menggunakan metoda sosialisasi, pendampingan dan pelatihan. Sosialisasi pada pengabdian ini adalah memperkenalkan peran tata kelola adminsitrasi dan keuangan terhadap perkembangan program. Sedangkan, pendampingan pada pengabdian ini meliputi penyusunan admistrasi dan keuangan, serta pelatihan system administrasi. Pengabdian ini dilaksanakan di Dusun Ngunan-unan, Desa Srigading, Kecamatan Sanden Yogyakarta. Jumlah mahasiswa yang terlibat sebanyak empat orang. Pendampingan dari tim PPM terjadi peningkatan pengetahuan masyarakat Dusun Ngunan-ngunan mengenai profil dusun dan rencana ke depan yang akan dilakukan, Masyarakat memiliki pemahanan bersama mengenai visi, misi dusun ke depan. Selain itu ada pendampingan untuk embrio dusun destinasi wisata. Selain itu adanya sosialisasi dan pendapingan penyusnan AD ART meningkatkan pengetahuan masyarakat. Oleh karena itu terjadi peningkatan keberdayaan mitra berupa pengetahuan dan keterampilan di Dusun Ngunan-unan serta AD ART Lumbung Pangan.

Keywords


tata kelola; ekonomi; pekarangan

Full Text:

PDF

References


Ashari. (2009). Optimalisasi Kebijakan Kredit Program Sektor Pertanian Di Indonesia. Anal Kebijak Pertanian Ashari. 7(1):21–42.

Badriah LS, Rahajuni D, Tini EW. (2019). Upaya Meningkatkan Pendapatan Keluarga Di Kelurahan Kedungwuluh Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. In: Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers ”Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX”14-. 2019. p. 218–27.

Kriswantoro H, Wahyudi F. (2015). Pola dan Intensitas Pemanfaatan Lahan Pekarangan DI Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musi Rawas. Klorofil. X(2):58–62.

Kurnianingsih A, Setyati ED, Syawal Y. (2013). Optimalisasi Lahan Pekarangan Dengan Budidaya. J Pengabdi Sriwij.;21–4.

Pujiati A, Sarungu JJ. (2017). Kontribusi Kepemimpinan dan Tata Kelola Kota Terhadap Kota Berkelanjutan. In: Seminar Nasional dan Call for Paper 2017 Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pubblikasi Jurnal Ilmiah dalam Menyikapi Permenristekdikti RI No20 Tahun 2017 [Internet]. Available from: http://ejurnal.stiedharmaputra-smg.ac.id/index.php/PRO/article/view/269

Putra YA, Siregar G, Utami S. (2019). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Pekarangan Dengan Tekhnik Budidaya Hidroponik. In: Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan,. 2019. p. 122–7.

Setiawan E. (2019). Arti Kata Kelola - Kamus Besar Bahasa Indonesia [Internet]. KBBI Online. Available from: https://kbbi.web.id/kelola


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dini Yuniarti Yuniarti, Marsudi Endang Sri Rejeki, Adhitya Rechandy Christian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License