Peningkatan kompetensi guru abad 21 melalui pelatihan pengembangan media dan evaluasi pembelajaran berbantuan free platform

Laila Fatmawati, Vera Yuli Erviana, Muhammad Ragil Kurniawan

Abstract


Pandemi Covid 19 membawa dampak di berbagai sektor kehidupan, salah satunya yaitu di sektor pendidikan. Penerapan kebijakan social distancing telah menggeser implementasi pembelajaran dari yang semula dilakukan face to face beralih menjadi pembelajaran daring/online. Guru abad 21 haru adaptif terhadap berbagai perubahan situasi. Namun kondisi di lapangan, masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan media dan evaluasi pembelajaran daring/online berbantuan free platform. PCM Minggir sebagai mitra dari tim UAD memiliki beberapa permasalahan dalam implementasi pembelajaran daring. Oleh karena itu tujuan dari PPM ini yaitu memberikan pelatihan dan pendampingan bagi guru-guru di PCM Minggir dalam mengembangkan media dan evaluasi pembelajaran berbantuan free platform. Materi pelatihan meliputi aplikasi mindmeister, kinemaster, educandy, dan pendampingan secara berkala dalam proses pembelajaran daring. Metode pelatihan dan pendampingan menggunakan zoom meeting, dengan model ICIRR (introduction, connection, implementation, reflection, reinforcing) selebihnya adalah penugasan terhadap peserta dan didampingi dalam bentuk komunikasi online via WA group. Hasil dari pelaksanaan PPM yaitu peningkatan kapasitas peserta dengan nilai mean sebesar 77,0 pada pre-test dan 87,3 pada post-test. Indikator statisfaction adalah indikator yang memiliki skor kenaikan tertinggi dibandingkan indikator lainnya yakni sebesar 11,02 %. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan efektif dan peserta merasa puas dengan pelatihan yang diberikan.

Keywords


media; evaluasi; free platform; guru; SD.

Full Text:

PDF

References


Arga, & Ddk. (2020). P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 5(2), 1–6.

Arini, S., & Kurniawati, F. (2020). Sikap Guru terhadap Anak Usia Dini dengan Autism Spectrum Disorder. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 639. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.410

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education, 19, 18–26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Korth, B. B., Erickson, L., & Hall, K. M. (2009). Defining Teacher Educator Through the Eyes of Classroom Teachers. The Professional Educator, 33(1), 1–12. http://myaccess.library.utoronto.ca/login?url=http://search.proquest.com/docview/194687907?accountid=14771%5Cnhttp://bf4dv7zn3u.search.serialssolutions.com/?ctx_ver=Z39.88-2004&ctx_enc=info:ofi/enc:UTF-8&rfr_id=info:sid/ProQ:educationalumni&rft_val_fmt=inf

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645

Situmorang, E. L., & Hutapea, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru Pak Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. February. https://doi.org/10.31219/osf.io/szbrf

Suwangsih, A., Rohman, C., & Farida, I. (2021). Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Raudlatul Athfal. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(2), 1–5. https://doi.org/10.51529/ijiece.v5i2.191

Utami, D. R. F., Pranoto, Y. K. S., Latiana, L., & Sunawan. (2021). Agreement levels of kindergarten principals and teachers to determine teaching competencies and performance. European Journal of Educational Research, 10(2), 537–551. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.2.537

WHO. (2020). Coronavirus Disease Coronavirus Disease Ikhtisar kegiatan World Health World Health Organization Organization. World Health Organization, 19, 1–13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Laila Fatmawati, Vera Yuli Erviana, Muhammad Ragil Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License