Penyuluhan inisiasi pembentukan bank sampah di Semanu, Gunung Kidul

Alia Ariesanti, Utaminingsih Linarti, Isana Arum Primasari, Endah Utami, Gita Indah Budiarti

Abstract


Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul memiliki lima prioritas pembangunan pada tahun 2021, salah satunya adalah pemulihan kehidupan sosial dan penanggulangan kemiskinan dan peningkatan derajat kesehatan dan kualitas pendidikan. Prioritas pembangunan tahun 2021 dan mendorong potensi lokal tersebut, salah satu permasalahan yang dihadapi adalah persampahan dimana proses pilah sampah belum maksimal. Persampahan berkaitan dengan prioritas kehidupan sosial dan peningkatan derajat kesehatan. Permasalahan yang terjadi diantaranya belum terkelolanya sampah perkotaan maupun pedesaan dengan baik, jarak dari lokasi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sangat jauh, kondisi TPA kritis, TPS- Reuse,Reduce, Recycle (3R) belum dikelola dengan baik, dan Bank Sampah yang ada belum berfungsi secara optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan program pengabdian kepada masyakat untuk inisiasi pembentukan bank sampah di Desa Semanu Gunung Kidul. Tujuan dari PPM ini adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya bank sampah. Metode yang dilakukan adalah penyuluhan, transfer teknologi, dan pelatihan. Ada 3 materi yang diberikan yaitu sosialisasi program pemanfaatan limbah sampah, penyuluhan mengenai pentingnya mengelola sampah mandiri, transfer teknologi mengenai pemanfaatan sampah menjadi barang yang lebih bermanfaat serta pelatihan pengelolaan organisasi untuk peningkatan efektifitas bank sampah, Hasil dari program PPM ini adalah masyarakat sangat antusias mengikuti semua rangkaian kegiatan secara aktif dan akan berperan serta dalam mewujudkan desa bebas sampah, hal ini dapat dilihat dari peningkatan pengetahuan dan ketrampilan peserta sebanyak 82%. Tindak lanjut penyuluhan ini adalah pelatihan dan pendampingan pembuatan bank sampah dan produknya.

Keywords


Garbage bank, Semanu, Gunung Kidul, counseling

Full Text:

PDF

References


Astuti, Reni Dwi dan Linarti, Utaminingsih, 2017, Klaster Jejaring Pengelolaan Sampah Mandiri di Kabupaten Bantul, Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) V, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Astuti, A. Y., Linarti, U., & Budiarti, G. I. (2021). Pengolahan Limbah Minyak Jelantah Menjadi Lilin Aromaterapi Di Bank Sampah Lintas Winongo, Kelurahan Bumijo, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta. SPEKTA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Teknologi Dan Aplikasi), 2(1), 73–82.

Bappeda. 2021. www.bappeda.go.id. diakses pada 10 Februari 2021.

Budiyanto, T., Astuti, R. D., & Purwani, A. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Pengolahan Sampah Menjadi Produk Bernilai Ekonomi Pada Bank Sampah Bersih Bersama Karanganom, Sitimulyo, Piyungan, Bantul. SPEKTA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Teknologi Dan Aplikasi), 1(2), 49.

Kusumaningtyas, Dian Artha dan Rosyidah. 2015. “Screening dan Evaluasi Program Bank Sampah Kota Yogyakarta”. Laporan Penelitian Kerjasama Kelembagaan. Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Ahmad Dahlan.

Linarti, Utaminingsih dan Astuti, Amalia Yuli, 2017, Knowledge Mapping pada Pengelola Bank Sampah di Kota Yogyakarta, Kopertis Wilayah V

Linarti, U., Astuti, A. Y., & Budiarti, G. I. (2019). Pengelolaan limbah minyak goreng bekas pakai di bank sampah. In Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Uinversitas Ahmad Dahlan (pp. 513–520).

Primasari, Isana Arum, 2019, Ecobrick, In Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Uinversitas Ahmad Dahlan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Alia Ariesanti, Utaminingsih Linarti, Isana Arum Primasari, Endah Utami, Gita Indah Budiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License