Workshop penelitian alternatif di masa pandemik covid-19 bagi guru-guru SMA/SMK

Moh. Irma Sukarelawan, Erni Gustina, Suci Musvita Ayu, Liena Sofiana, Sriyanto Sriyanto

Abstract


Pada masa pandemic covid-19, masih banyak guru yang belum memiliki makalah ilmiah sebagai syarat wajib mengusulkan kenaikan pangkat. Guru belum melihat potensi penelitian survei sebagai penelitian alternatif dimasa pandemic. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk mengadakan workshop dalam mempersiapkan guru menulis makalah ilmiah. Pengabdian ini dilaksanakan selama bulan Juni sampai September 2021 dengan melibatkan lima guru bidang studi yang berasal dari tujuh SMA/SMK di Bantul yang telah siap mengusulkan kenaikan pangkat. Kegiatan pengabdian meliputi penyuluhan jenis-jenis penelitian dan model Rasch, pelatihan dan pendampingan pelaksanaan penelitian, analisis data dan Menyusun makalah ilmiah. Luaran yang diperoleh dari pengabdian ini adalah adanya peningkatan keberdayaan pengetahuan dan pelaksanaan penelitian dan penulisan makalah ilmiah guru-guru mitra.


Keywords


Penelitian survei; penelitian masa pandemic; workshop; model rasch; kenaikan pangkat guru

Full Text:

PDF

References


Darmalaksana, W. (2021). Pre-print Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2021. In Pre-Print Kelas Menulis (pp. 1–15).

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70–81. https://doi.org/10.30653/002.201611.10

Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F. D., & Parjono, P. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Guru SMA Swasta di Sidoarjo. Jurnal ABDI, 2(2), 45–50. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p45-50

Rosyidah, A. N. K., Ermiana, I., Widodo, A., Haryati, L. F., Novitasari, S., & Anar, A. P. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Guru SD 1 dan 45 Pemenang Lombok Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4), 240–246.

Safarati, N., & Rahma. (2020). The Effectiveness of Online Learning Using Quizizz Education Game Media During the Covid-19 Pandemic in Applied Physics Courses. Indonesian Review of Physics, 3(2), 52–56. https://doi.org/10.12928/irip.v3i2.3049

Sukarelawan, M. I., Sofiana, L., Ayu, S. M., & Sriyanto. (2020). Optimalisasi artikel ilmiah guru SMA melalui kegiatan workshop di Kabupaten Bantul. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyaraka, 421–430. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/5108/1135

Widagdo, A., & Susilo, S. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SD di Kecamatan Kendal. Abdimas Unwahas, 3(3), 25–29. https://doi.org/10.31942/abd.v3i1.2234


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Moh. Irma Sukarelawan, Erni Gustina, Suci Musvita Ayu, Liena Sofiana, Sriyanto Sriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License