Peningkatan pemahaman siswa melalui program pendampingan belajar di Kabupaten Pemalang

Andri Setiyawan, Nimas Dian Pratiwi, Fika Rosiyana, Rizal Budiarso, Muhammad Fatkhi Athalllah, Qonita Anindya Nugrahaini, Iqbal Iqbal, Yuandika Restulahi, Dzulfah Fazrotul Azizah, Nafa Fajriati, Risqi Mulia

Abstract


Pandemi Covid-19 telah berdampak besar pada bidang pendidikan yang berakibat pada penutupan sekolah untuk menahan penyebaran Covid-19. Kebijakan penutupan sekolah membuat proses belajar siswa dilaksanakan dari rumah melalui daring / jarak jauh. Namun, pembelajaran daring tersebut menimbulkan kecemasan dan tekanan bagi siswa yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan kesulitan siswa dalam mengerjakan tugas dengan baik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tim pengabdi memberikan program pendampingan belajar dari rumah bagi siswa SD-SMA yang bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami materi yang belum dimengerti dan membantu siswa yang mengalami kesulitan mengerjakan tugas. Kegiatan yang dilakukan berupa pendampingan belajar secara langsung / tatap muka dengan memberikan penjelasan mengenai materi pelajaran yang belum dipahami dan membantu mengerjakan tugas yang sulit dikerjakan oleh siswa. Dari program pendampingan belajar tersebut dihasilkan peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan terbantunya siswa dalam mengerjakan tugas.

Keywords


pendampingan, belajar, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Kemdikbud, D. (2020). Booklet Pembelajaran Daring. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Lutfiyah, L., & Roviati, E. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Dimasejati : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). 10.24235/dimasejati.v2i2.7015

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Pahmi, S., Suciani, A., Yulianti, R., Putri, C. S., & Sagita, T. (2021). Pendampingan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Di Desa Gegerbitung. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31334/jks.v4i1.1635

Prasetya, T. A., Harjanto, C. T., & Setiyawan, A. (2020). Analysis of student satisfaction of e-learning using the end-user computing satisfaction method during the Covid-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1700(1), 12012.

Setiyawan, A. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Penugasan dan Monitoring Siswa Prakerin Berbasis SMS Gateway dengan Raspberry Pi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Setiyawan, A., & Kurniawan, A. (2021). The Effect of Pandemic Covid-19 into Internship Activity of Mojokerto Vocational High Schools. JOVES (Journal of Vocational Education Studies), 4(1), 125–130.

Sudarti Sudarti, Trapsilo Prihandono, Sugiyanto Sugiyanto, H. R. (2021). Pendampingan belajar daring di masa pandemi covid-19 untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di desa walikukun, kecamatan widodaren, kabupaten ngawi provinsi jawa timur. Jurnla Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1).

UNESCO. (2020). COVID-19 Education Response. https://en.unesco.org/covid19/educationresponse/globalcoalition

UNICEF. (2020). Education and COVID-19. https://data.unicef.org/topic/education/Covid-19/

WHO. (2020a). Coronavirus disease 2019 (COVID-19) Situation Report. World Health Organization.

WHO. (2020b). SARS-CoV-2 Variants. https://www.who.int/emergencies/disease-outbreak-news/item/2020-DON305

WHO. (2021). Coronavirus disease (COVID-19). https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1

Yuhenita, N. N., Majid, Y. M., Murat, A. R., Muliyani, R., Alfahmi, R. A., & Abdillah, M. Z. (2021). Pendampingan Dalam Menghadapi Pembelajaran Di Masa Pandemi Bagi Warga Dusun Macanan. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2).

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andri Setiyawan, Nimas Dian Pratiwi, Fika Rosiyana, Rizal Budiarso, Muhammad Fatkhi Athalllah, Qonita Anindya Nugrahaini, Iqbal Iqbal, Yuandika Restulahi, Dzulfah Fazrotul Azizah, Nafa Fajriati, Risqi Mulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License