Model penanaman karakter kedisiplin di masa pandemi di SMP Muhammadiyah Pleret Bantul Yogyakarta

Yusron Masduki, Hanif Cahyo Adi Kistoro, Didi Kristanto

Abstract


Terjadinya pendemi besar pengaruhnya dan berdampak secara luas di masyarakat, termasuk mengatur kedisiplinan dalam proses pendidikan, baik yang diselenggarakan melalui blandet learning  ataupun daring. Untuk meningkatkan proses pembelajaran di sekolah, dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi. Maka siswa harus bisa memanfaatkan situasi sesuai dengan kapasistasnya sebagai siswa harus menjaga kedisiplinan di setiap waktu secara baik dalam belajar. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan karakter kesiplinan pada siswa di SMP Muhammadiyah Pleret Bantul Yogyakarta.  Pelatihan ini melihatkan dua orang tutor, bantu satu orang mahasiswa. Metode Pelatihan dilaksanakan dengan metode workshop, dan metode praktek kedisiplinan. Pelatihan dilakukan pada tanggal 24-25 September  2021. Tahapan pelaksanaan pelatihan meliputi, pengisian pre-tes dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh materi pertama dan kedua, kemudian pada hari berikutnya praktik untuk melakukan kedisiplinan belajar dan beribadah sesuai dengan target waktu. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengaplikasikan dalam kegiatan belajar secara efektif pada siswa SMP Muhammadiyah Pleret Bantul Yogyakarta.


Keywords


Pembinaan, karakter, kedisiplinan, belajar

Full Text:

PDF

References


Adz-Dzakiey, Hamdani B, 2006. Prophetic Intelligence: Mengembangkan potensi Robbani Melalui Peningkatan kesehatan Ruhani, Yogyakarta: Pustaka Al-Furqan.

Agustian, Ari Ginanjar. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spritual (ESQ): Emotinal Spiritual Quotient The ESQ way 165, Jakarta: Arga Publishing.

Agustian, Ary Ginanjar, 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual, ESQ (Emotional Spiritual Quotient) Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, Jakarta: Arga.

Anis, Mohammad. 2012. Sukses mendidik anak Perspektif Al-Qur’an dan Hadis. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2012

Anis, Muhammad. 2013. Quantum Al-Fatihah: Membangun Konsep Internalisasi Berbasis Surah Al-Fatihah, Yogyakarta: Pedagogia.

Asya’rie, Musya, dkk. 2002. Tuhan Empirik dan Kesehatan Spiritual:Pengembangan Pemikiran Musa Asya’rie Dalam Bidang Kesehatan dan Kedokteran. Yogyakarta: C-NET UIN Sunan Kalijaga.

Azra, Azyumardi. 2002. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Cetakan ke-4. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Goleman, Daniel. 2003 Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nuryanti, Lusy. 2008. Psikologi Anak.Jakarta: PT. Indeks.

Masduki, Yusron, 2020, Tantangan Pendidikan Keluarga di Tengah Komunitas Non Muslim di Yogyakarta, Palembang: Tunas Gemilang Press.

Masduki, Yusrob, Pendidikan Karakter: Kepedualian terhadap Lingungan, Jurnal Conciensia, UIN Raden Fatah, (Palembang, 2016), hal. 47

Moh. Mahbub. 2011. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Kopertais Wilayah III Yogyakarta UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nurlela, 2014. “Penerapan Internalisasi Karakter bagi Peserta Didik di SMP Muhammadiyah 2 Kabupaten Cirebon”, Disertasi: Yogyakarta: Pascasarjana UMY

Palupi, M. & Tjahjono, H.K. 2016. A Model of Religiousity and Organizational Justice : The Impact on Commitment and Dysfunctional Behavior. Proceedings of the 27 th IBMA Conference.

Prosiding Seminar Nasional. 2016. Optimalisasi Active Learning dan Character Building Dalam Meningkatakan Daya Saing Bangsa di Era MEA Yogyakarta: Prodi PGSD dan Prodi BK.

Prosiding Seminar Nasional. 2014.Optimalisasi Peran Internalisasi dalam Membangun Karakter Anak untuk Menyongsong Generasi Emas, Yogyakarta: Fadilatama.

Ru’iya, Sutipyo. 2019. Strengthening Morality And Character of Madrasah Tsanawiyah’s Students in Kulon Progo by Developing Good Habits and Effective Communication With Parents. First International Conference on Progressive Civil Society (ICONPROCS 2019 UAD)

Sinha, Jyotsna. 2013. “Impact of Spiritual Intelligence on Quality Life”. (International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 3, May 2013.

Subiyantoro, “Pengembangan Pola Pendidikan Nilai Humanis-Religius

Subiyantoro. 2010. Pengembangan Pola Internalisasi Nilai Humanis – Religius Pada Diri Siswa Berbasis Kultur Madrasah di Man wates 1 Kulon Progo Yogyakarta, Desertasi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Landasan Psikologi Proses Internalisasi , Bandung: Remaja Rosdakrya.

Sutarman, Tjahjono, H.K. & Tasman Hamami. 2017. The Implementation of Holistic Education in Madrasah’Muhammadiyah Indonesia. Dinamika Ilmu, IAIN Samarinda.

Syamsu Yusuf LN, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2004)

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Internalisasi Nasional

Zohar, Danah dan Mashall, Ian, SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berfikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan. cet. IV, Bandung: Mizan Media utama, 2001.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yusron Masduki, Hanif Cahyo Adi Kistoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License