Pelatihan literasi untuk siswa SD Karangwuni menggunakan aplikasi AKSI

Aisyah Akhlaqul Karimah, Agus Supriyanto, Muh Saeful Effendi

Abstract


Program Kampus Merdeka mengajak mahasiswa tanah air untuk menjadi sumber daya manusia yang kreatif dan adaptif. Salah satu program Kampus Merdeka adalah Kampus Mengajar yang berupa kegiatan pengabdian masyarakat khususnya untuk lingkup pendidikan. Sumber daya manusia yang unggul hanya dapat dicapai jika generasi muda peduli terhadap lingkungannya dan proaktif dalam berbagi ilmu, terutama untuk meningkatkan literasi. Tujuan dari pengabdian ini yaitu untuk meningkatan literasi siswa SD Karangwuni. Pelatihan literasi menggunakan aplikasi AKSI merupakan salah satu caranya. Metode tersebut menggunakan pemberian informasi, pelatihan, pendampingan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Proses pengabdian masyarakat melalui kegiatan pelatihan yaitu siswa SD dilatih dalam hal membaca, menulis dan berpikir secara kritis. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat terdapat beberapa hal diantaranya kemampuan siswa lebih meningkat dalam memahami suatu konteks bacaan yang ada. Menyelenggarakan kegiatan literasi di lingkungan sekolah dasar akan mendorong anak menjadikan kegiatan literasi sebagai kebutuhan dan budaya. Dampak partisipasi siswa dalam meningkatkan literasi anak bangsa dapat menumbuhkan kreativitas siswa dalam berpikir dan menganalisis serta menciptakan generasi emas Indonesia.

Keywords


Lieterasi, Pendidikan, Aplikasi AKSI

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.

Akbar, A. (2017). Membudayakan literasi dengan program 6M di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42–52.

Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52–58.

Harini, I. N. (2018). Tingkat Literasi Membaca Peserta Didik Kelas IV di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 29–46.

Jariah, S., & Marjani, M. (2019). Peran Guru Dalam Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(01).

KEMDIKBUD. (2019). Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) Sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://aksi.puspendik.kemdikbud.go.id/aksisekolah/

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2).

Komalasari, M. D., Wibowo, A., & Anggraeni, D. (2018). Pendampingan gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1).

Lestari, M. R. D. W., & Septianingrum, T. D. (2019). Program Gerakan Literasi Sekolah Di SD Dharma Karya. Jurnal Holistika, 3(2), 131–136.

Mustadi, A., Wangid, M. N., Zubaidah, E., & Irvan, M. F. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Literasi Kelas Awal bagi Guru SD. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 203–208.

Nuroh, E. Z., & Liansari, V. (2017). Digital age literacy in elementary school. Proceedings of the 1st International Conference on Intellectuals’ Global Responsibility (ICIGR 2017). DOI: https://doi. org/10.2991/icigr-17.2018, 29.

PUSLITJAKDIKBUD. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi.

Rosita, D. A., & Damayanti, R. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 42–49.

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–342.

Wulandari, F., Wulandari, F. E., Febryanti, S. A., & Dewi, E. P. (2021). Penyusunan Program Sekolah Literasi SD/MI Di Kedungbanteng Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(2), 293–305.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aisyah Akhlaqul Karimah, Agus Supriyanto, Muh Saeful Effendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License