Pendampingan UMKM kuliner guna mengoptimalkan keunggulan bersaing di era pandemi

Ahmad Rizal Solihudin, Bagus Gumelar, Fatwa Tentama

Abstract


Risky Catering sebagai mitra roll model pengabdian ini memiliki berbagai kendala dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya masa pandemi covid-19 ini. Permasalahan prioritas yang dihadapi mitra yaitu pemasaran yang terkendala kebijakan bekerja dari rumah, pembatasan kegiatan keramaian, tidak ada pendapatan sedangkan beban usaha masih harus dibayar. Disisi lain, Risky Catering belum memiliki sistem dan kapabilitas untuk mengelola usahanya dengan kondisi dan situasi pandemi. Solusi yang ditawarkan adalah suatu sistem pembelajaran guna meningkatkan kemampuan adaptasi pengelolaan usaha dimasa pandemi Covid-19. Program pengabdian ini bertujuan untuk menciptakan keunggulan kompetitif sebagai titik unggul dalam persaingan. Salah satu competitive advantage utama yang diharapkan dimiliki setiap tenan adalah pengusasaan teknologi informasi dengan fokus pada model pemasaran dan keuangan. Dengan penguasaan model pemasaran dengan e-commerce, diharapkan mitra baru dapat mengembangkan pasar yang lebih luas sehingga usaha semakin cepat berkembang. Metode dan prosedur implementasi inovasi pada program pengabdian ini menggunakan media online dan offline untuk sosialisasi program dan pembenahan bersama proses bisnis dan proses organisasi dari UMKM Risky Catering. Mahasiswa juga dilibatkan dalam proses produksi aplikasi sebagai pendukung. Tahap pelatihan dan pendampingan menggunakan metode Experience Learning System (ELS) yang berfokus pada praktik langsung dalam penggunaan inovasi.

Keywords


pemasaran; keuangan; inovasi

Full Text:

PDF

References


Ibarra D, Bigdeli AZ, et all. (2020). Business Model Innovation in Established SMEs. Journal of Open Innovation. 6: 76-98.

Meng L, Qamruzzaman M, Adow AHE. (2021). Technological Adaption and Open Innovation in SMEs: An Strategic Assessment for Women-Owned SMEs Sustainability in Bangladesh. Journal of Sustainability. 13:1-22.

Subramayam KR, Wild J. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta. Salemba Empat.

Diva MF, Priyadi Y. (2019). Designing Business Models through a Combination of BMC and UML Methods at Eiger Advanture Store Bandung. Jurnal Intensif. 4(2): 184-202.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ahmad Rizal Solihudin, Bagus Gumelar, Fatwa Tentama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License