Menghadapi pandemi dengan koperasi syariah

Riduwan Riduwan, Farid Ma’ruf

Abstract


Purna Migran Indonesia (PMI) merupakan sebuah wadah komunikasi bagi para pekerja migran yang telah kembali ke Indonesia. Kebanyakan para purna migran ini setelah kembali ke Indonesia menggeluti bidang usaha yang pada saat ini juga mengalami gejolak akibat pandemi Covid19 yang tidak berkesudahan. Beberapa jenis usaha yang para pengusaha PMI ini geluti dan mengalami gejolak, antara lain dalam bidang pariwisata, kuliner, peternakan, perkebunan, dan lain-lain. Masalah yang dialami para pengusaha PMI ini mulai dari kehabisan modal karena warung dan lokasi wisata harus tutup, strategi pemasaran yang bermasalah karena minimnya pengetahuan tentang pemasaran modern, kebutuhan sehari-hari yang tidak mungkin dihindari, dan lain sebagainya sehingga menyebabkan turunnya semangat. Gerakan gandeng gendong serta gotong royong antar pengusaha migran dalam menghadapi pandemi ini memunculkan ide untuk mendirikan Koperasi Syariah. Pelatihan kepada pengusaha PMI ini diberikan dalam bentuk sharing dan diskusi, khususnya berkaitan dengan embel-embel Syariah. Sharing dan diskusi yang dilakukan menghasilkan sebuah kesekapatan untuk segera mewujudkan koperasi syariah dengan harapan dapat membantu dalam hal permodalan, pemasaran produk secara bersama-sama dalam satu wadah, dan dapat meningkatkan kesejahteraan. Hal tersebut diperkuat dengan sudah disepakati dan bersedia 9 orang untuk diajukan sebagai pengurus koperasi syariah ini.

Keywords


Pandemic; Entrepreneur; PMI; Cooperative; Sharia

Full Text:

PDF

References


Budiono, A. (2017). Penerapan prinsip syariah pada lembaga keuangan syariah. Law and Justice, 2(1), 54–65.

Dayrit, M. M., & Mendoza, R. U. (2020). Social cohesion vs COVID-19. International Journal of Health Governance.

Fathorrahman, F., & Nufus, K. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Koperasi Dan Cara Koperasi Menghadapi Financial Technology (Studi Kasus pada BMT Al-Fath IKMI). Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 3(1), 1–12.

Ghulam, Z. (2016). Implementasi Maqashid Syariah dalam Koperasi Syariah. Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Islam, 5(1), 90–112.

Hamza, H. (2013). Sharia governance in Islamic banks: effectiveness and supervision model. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management.

Hudan, N., & Heykal, M. (2010). Lembaga Keuangan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Kencana.

Indra, N. (2020). FOCUS GROUP DISCUSSION REBRANDING KAMPUNG KOPERASI BERBASIS KLUSTER KOMODITAS. Ecoopsday, 1(2), 131–136.

Leisering, L., & Barrientos, A. (2013). Social citizenship for the global poor? The worldwide spread of social assistance. International Journal of Social Welfare, 22, S50--S67.

Ozili, P. (2020). COVID-19 in Africa: socio-economic impact, policy response and opportunities. International Journal of Sociology and Social Policy.

Pranatasari, F. D. (2021). AGILE MARKETING SEBAGAI SOLUSI BUSINESS DISRUPTION MENUJU KEBANGKITAN BISNIS UMKM PASCA COVID-19.

Riduwan. (2018). Sistem Operasional BMT (Baitul Mal wa Tamwil). Truss Media Grafika dan UAD Press.

Samsudin, M., Abdurahman, M., & Abdullah, M. H. (2019). Sistem Informasi Pengkreditan Nasabah pada Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera baru Kota Ternate Berbasis Web. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO-Ilmu Komputer & Informatika, 2(1).

Sorjawirawan, H. R. (2020). Strategi Branding Destinasi Wisata Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta Di Era Normal Baru. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Sunardi, D. (2014). Etos Kerja Islami. JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 1(1).

Zulaeha, N., Kurniawan, P. S., & Yasa, I. N. P. (2019). Perancangan Pengalokasian Dana Desa Berbasis Prinsip Syariah Melalui Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes)(Studi Kasus Di Desa Pegayaman Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 10(2), 124–135.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riduwan Riduwan, Farid Ma’ruf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License