Pengembangan profesionalisme guru melalui pelatihan pembelajaran aktif & motivasi belajar daring

Hendro Kusumo, Trianik Widyaningrum, Novi Febrianti

Abstract


Profesionalisme guru di SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang menjadi tantangan untuk dikembangkan, khususnya dalam mengembangkan pembelajaran aktif & motivasi belajar siswa secara daring. Siswa masih bergantung pada guru sebagai sumber belajar utama. Di masa pandemi Covid-19. banyak guru yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan media daring. Siswa banyak yang asyik menggunakan gawai bukan untuk pembelajaran dan cenderung pasif saat guru menyampaikan materi pelajaran. Untuk itu kegiatan ini bertujuan meningkatkan profesionalisme guru SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang dalam memotivasi siswanya melalui pelatihan Pembelajaran Aktif secara daring. Pembelajaran aktif adalah metode untuk meningkatkan ketrampilan memotivasi belajar. Pembelajaran aktif secara daring dilakukan dalam rangka memberikan solusi terhadap permasalahan yang telah dikemukakan, tekniknya melalui pelatihan daring, diskusi kelompok melalui media sosial, dan penugasan mandiri. Hasil dari kegiatan berhasil dilaksanakan pelatihan secara daring pada Senin 12 Juli 2021 dengan media virtual zoom. Berbagai pengalaman saat pembelajaran daring dan penanganan siswa saling dibagikan dalam kegiatan pelatihan yang menarik ini. Peningkatan ketrampilan guru juga diwujudkan dalam bentuk pembuatan video pembelajaran & pengenalan lingkungan sekolah SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang, serta berita dalam dua media online. Program ini berhasil memfasilitasi para guru & meningkatkan profesionalismenya secara daring. Dampak dari kegiatan ini selanjutnya sekolah tertarik melanjutkan dengan program pelatihan IT.

Keywords


Active learning; smp muh 2 kalibawang

Full Text:

PDF

References


Asiah N, (2017). Analisis Kemampuan Praktik Strategi Pembelajaran Aktif Mahasiswa PGMIFakultas Tarbiyah &Keguruan IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Pendidikan &Pembelajaran Dasar. Vol 4. No. 1. DOI. 10.24042.4.1.1803

Candra O. & D.T.P. Yanto, (2020). The Active Learning Strategy "Everyone is a Teacher Here" to Improve Student Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan & Pengajaran. Vol. 4, No. 3. DOI. 10.33578/pjr.4.3.7991

Claes Johnson, (2013). Active Learning-Passive Teaching. http://claesjohnsonmathscience.wordpress.com. diakses April 2020

Effendi M., (2013). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam meningkatkan Keaktifan & Kreativitas Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol. 7 No. 2. DOI. 10.21580/mw.2013.7.2.563

Meyer & Jones (1993). Active Learning. New York: Mc.Graw Hill Companies.

Mansir F., T. Tumin, & H. Purnomo, (2020). The Use of Active Learning Methods in Learning Fiqh Subject at Islamic Boarding School. Jurnal Ilmu Tarbiyah & Keguruan. Vol. 23. No. 1. DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n1i14

Miarso,Yusufhadi, (1986). Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Riswani, E.F. & A. Widayati, (2012). Model Active Learning dengan Teknik Learning Start with A Question dalam Peningkatan Keaktifan Peserta Didik pada Pembelajaran Akuntansi Kelas XI Ilmu Sosial 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. 10, No. 2. DOI. 10.21831/jpai.10.2.910

Silberman, Melvin, (2006). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif (terjemahan). Bandung: Penerbit Nusa Media dan Penerbit Nuansa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hendro Kusumo, Trianik Widyaningrum, Novi Febrianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License