Pelatihan problem solving pembuatan sediaan farmasi pada siswa dan guru Prodi Farmasi SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Iis Wahyuningsih, Arif Budi Setianto

Abstract


SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta mempunyai prodi farmasi yang pada pelaksanaan praktikum pembuatan sediaan farmasi sering mengalami permasalahan. Permasalahan tersebut dapat disebabkan karena formulasi yang belum sesuai atau kurangnya pengetahuan/ketrampilan dalam pengatasannya. Tujuan program ini adalah memberikan tambahan pengetahuan dan ketrampilan siswa dan guru SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta ketika mengalami permasalahan dalam pembuatan sediaan farmasi. Permasalahan diselesaikan dengan memberi pengetahuan dan ketrampilan bagaimana mengatasi ketidakstabilan pada sediaan emulsi dan semipadat pada siswa dan guru prodi farmasi. Metode pelaksanaan dilakukan dengan: sosialisasi dan pelatihan. Pelaksanaan program dilakukan pada tanggal 1 Juli dan 2 Oktober 2021. Pada tahap pertama membahas tentang permasalahan ketidakstabilan emulsi sediaan cair, sedangkan pada tahap 2 membahas tentang permasalahan ketidakstabilan emulsi sediaan semipadat. Peserta siswa sebanyak 32 orang terdiri dari kelas X, XII dan 2 orang guru. Pelatihan dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom. Pelatihan juga melibatkan 2 mahasiswa. Dampak program terhadap mitra adalah berupa peningkatan pengetahuan peserta dari skore 4,43 menjadi 7,59 setelah pelatihan dilakukan.

Keywords


SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta; pelatihan; sediaan farmasi

Full Text:

PDF

References


Ansel, H. C., (2008), Pengantar bentuk sediaan farmasi. (Edisi 4), Penerjemah: F. Ibrahim., Universitas Indonesia Press: Jakarta.

Aulton M.E. (2002). Pharmaceutics : the science of dosage form design, 2nd edition. Edinburgh New York: Churchill Livingstone.

Martin, F., Swarbrick, J., and Cammarata, J., (2008), Farmasi Fisik: Dasar-Dasar Farmasi Fisik Dalam Ilmu Farmasetika, Edisi Ketiga, Jilid 2, Universitas Indonesia Press, Jakarta, 81, 494, 580.

Putranti, W., Fatimah, S.F., dan Edityaningrum, C, (2019), Pemanfaatan TOGA sebagai bahan soapbar pada anggota Nasyiatul Aisyiyah (NA) cabang Pakem, Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, Vol.1 hal.29-34.

Sinko, P. (2011). Farmasi Fisika, Buku II. UI Press : Jakarta.

Sugihartini, N., Ikhsanudin, A., Putranti, W., dan Zainab, (2018), Pelatihan pembuatan sediaan herbal di SMKN 1 Panjatan dan SMK Bakti Cipto Husodo Yogyakarta, Prosiding seminar nasional hasil pengabdian kepada masyarakat (sniemas).

Wahyuningsih, I, Pertiwi, D. A, (2020), Pembuatan hand sanitizer sesuai WHO pada siswa SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Proseding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 21 November 2020, Hal. 865-872, e-ISSN: 2686-2964


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Iis Wahyuningsih, Arif Budi Setianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License