Pelatihan media pembelajaran audio visual bagi guru-guru di MTS Sunan Kalijaga Kelurahan Serut, Gedangsari, Gunung Kidul

Qonitatul Hidayah, Damar Yoga Kusuma, Apik Rusdiarna Indra Praja

Abstract


Sektor pendidikan adalah salah satu sektor yang terkena dampak akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang belum usai sampai sekarang. Sampai saat ini, siswa siswi masih diwajibkan untuk melaksanakan proses pembelajaran secara daring untuk mengurangi resiko Covid-19. Inovasi dalam menyampaikan materi secara daring menjadi tantangan bagi para guru. Beberapa daerah masih terkendala proses pembelajaran secara daring. Kurangnya pengetahuan teknologi informasi sebagai penujang proses pembelajaran. Tak terkecuali para guru di MTS Sunan Kalijaga, Serut, Gedangsari, Gunung Kidul masih menerapkan proses pembelajaran secara luring di kelas seminggu sekali secara bergantian dengan protokol kesehatan yang ketat. Penggunaan audio visual sebagai media pembelajaran mampu untuk meningkatkan minat siswa siswi dalam pembelajaran secara daring. Pelatihan pendampingan media pembelajaran ini dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran. Indikator pemahaman akan materi yang disampaikan diukur dengan menggunakan pre-test dan post-test. Hasil dari indikator penilaian menunjukkan hampir 100% peserta kegiatan mengalami peningkatan kemampuan penguasaan media power point sebagai media pembelajaran audio visual. Dampak dari kegiatan kepada masyarakat dapat dikatakan berhasil dan memberikan pengetahuan, pemahaman, dan wawasan yang luas dalam mempraktekkan media pembelajaran audio visual.

Keywords


daring, media pembelajaran, audio visual

Full Text:

PDF

References


Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217 - 226.

Firman, & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Educational Sciences, 81-89.

Muharoma, Y. P. & Wulandari, D., 2014. Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA. Joyful Learning Journal, 3(2), pp. 33 - 40.

Minardi, J., & Akbar, A. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Power Point untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(1), 96-100.

Poerwanti, J. I., & Mahfud, H. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran dengan Microsoft Power Point pada Guru-Guru Sekolah Dasar . Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 265-271.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Qonitatul Hidayah, Damar Yoga Kusuma, Apik Rusdiarna Indra Praja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License