Penguatan implementasi media "Al-Qashash" berbasis aplikasi android

Yusuf Hanafiah, Fadhlurrahman Fadhlurrahman, Reza Amin Nur Ihsan

Abstract


Indonesia, hingga saat ini masih belum sepenuhnya terbebas dari pandemi Covid-19. Hal tersebut berimplikasi pada hampir seluruh sektor kehidupan, tidak terkecuali sektor pendidikan. Penyelenggaraan pendidikan secara daring masih menjadi opsi paling realistis termasuk pada lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA).  Para pendidik di TPA dituntut untuk kreatif mencari metode dan media yang sesuai dengan kebutuhan  belajar santri. Melihat kondisi riil di lapangan, ternyata masih cukup banyak para pendidik di TPA yang kurang dalam memaksimalkan perkembangan teknologi untuk pembelajaran. Pembelajaran terkesan hanya sebatas menerapkan model klasikal. Termasuk yang terjadi dalam pembelajaran sejarah Islam yang sejauh ini cenderung menggunakan metode berdongeng saja. Berangkat dari persoalan itu, penulis melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di TPA Ainun Jaariyah. Kegiatan ini bertujuan untuk penguatan implementasi media “Al-Qashash” berbasis aplikasi android guna memudahkan pembelajaran sejarah Islam secara daring. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan melakukan sosialisasi, pelatihan, workshop, assesment, dan pendampingan berkala. Hasil dan dampak dari kegiatan ini di antaranya 1) pemahaman mitra akan urgensi penggunaan metode pembelajaran yang variatif; 2) meningkatnya keterampilan mitra dalam menggunakan media “Al-Qashash” pada pembelajaran sejarah Islam; dan 3) peningkatan antusiasme santri dalam pembelajaran sejarah Islam dengan menggunakan media “Al-Qashash”.


Keywords


Implementasi, Media Al-Qashash, Aplikasi Android

Full Text:

PDF

References


Ana Rahmawati, A. A. (2018). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN QASHASH AL-QUR’AN. Jurnal Tarbawi, 15(1), 29–46.

Ari Wahyudi. (2010). Model Pembelajaran Berbasis Komik Untuk Mencapai Ranah Afektif Pada Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(1).

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Herry Widyastono. (2009). Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 15.

Muazzinah, Achyar Zein, Syamsunahar. (2018). N I L A I - N I L A I P E N D I D I K A N DA L A M A L Q U R A N (KAJIAN TAFSIR KISAH NABI MUSA DALAM SURAH AL -QASAS AYAT 1-13). EDU RILIGIA, 2(2), 303–318.

Nastiti, A., Isnanto, R. R., & Martono, K. T. (2015). Aplikasi Multimedia sebagai Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Masa Perjuangan Kemerdekaan Untuk Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.4.2015.512-522

Nur Ali Subhan. (2019). Qashash sebagai Materi dan Metode Pendidikan Akhlak: Kajian Tafsir QS al-Lahab. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 11(1), 93–108.

Suharyani, Herlina, dan M. K. A. (2018). PERAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPA) DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN BAGI PESERTA DIDIK. Jurnal Paedagogy.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yusuf Hanafiah, Fadhlurrahman Fadhlurrahman, Reza Amin Nur Ihsan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License