Pemberdayaan komunitas keuangan syariah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bangun Derajat Warga di Yogyakarta

Zunan Setiawan, Agus Siswanto

Abstract


Pengabdian masyarakat menyertakan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bangun Derajat Warga sebagai mitra kegiatan pengabdian dengan pertimbangan, mitra tersebut selama ini telah menjalin kerjasama dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Amal Usaha Muhammadiyah. Pengabdian masyarakat bertujuan mengkreasikan pemahaman preferensi nilai superior pelanggan dan memenangkan persaingan saat ini, khususnya di masa pandemi covid 19. Persaingan cenderung mengalami pergeseran inovasi dan kreativitas pada tahapan pelayanan premium. Metode pelaksanaan menjelaskan tahapan pengembangan model memfokuskan pada segmen ritel melalui penambahan variasi pembiayaan investasi korporasi berbasis pada produk variatif, didukung oleh pelayanan antar pelanggan, dan pemasaran kreatif berbasis digital pemasaran yang mampu mengimplementasikan prinsip syariah. Metode pengabdian pemberdayaan berbasis pada peningkatan kebaruan strategi yang diterapkan, signifikan memberikan hasil melalui layanan baru sebagai lembaga keuangan wakaf berjangka dan permanen. Dampak bagi percepatan proses pengunaan online bank transfer transaction ke rekening bank secara tepat waktu. Layanan ini hanya ada di bank-bank yang tergabung dalam jaringan Automation Teller Machine Bersama dan Prima.

Keywords


Pengabdian, Syariah, Kesejahteraan, Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Abduh, M., Kassim, S.H. and Dahari, Z. (2012), “Customer satisfaction and switching behavior in Islamic banking: evidence from Indonesia”, School of Doctoral Studies (Europian Union) Journal, Vol. 4, pp. 209-215.

Atal, N. U., Iranmanesh, M., Hashim, F., & Foroughi, B. (2020). Drivers of intention to use Murabaha financing: religiosity as moderator. Journal of Islamic Marketing,

AWahibur Rokhman and Muhamad Abduh (2019), “Antecedents of SMEs’ satisfaction and loyalty towards Islamic microfinance Evidence from Central Java, Indonesia. Journal of Islamic Marketing

Berry, L.L., Parasuraman, A. and Zeithaml, V.A. (1985), “Quality counts in services, too”, Business Horizons, Vol. 28 No. 3, pp. 44-52.

El-Ebrashi, R., Salem, R., El-Kayaly, D. and El-Bassiouny, N. (2018), “What potentials

does Islamic micro-credit have? an empirical investigation in the Egyptian context”, Journal of Islamic Marketing, Vol. 9 No. 2, pp. 305-328.

Fianto, B.A., Gan, C., Hu, B. and Raudaki, J. (2018), “Equity financing and debt-based financing: Evidence from Islamic microfinance institutions in Indonesia”, Pacific Basin Finance Journal, Vol. 52 No. December 2018, pp. 163-172.

Gebru, B. and Paul, I. (2011), “Role of microfinance in alleviating urban poverty in Ethiopia”, Journal of Sustainable Development in Africa, Vol. 13 No. 6, pp.165-180.

Khan, S. and Akhter, W. (2017), “Service quality and the moderating effect of Shari’ah perception on client satisfaction: a comparison of Islamic and conventional microfinance in Pakistan”, Cogent Economics and Finance, Vol. 5 No. 1315206, pp. 1-20.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Berry, L.L. (1985),“A conceptual model of service quality and implications for future research”, Journal of Marketing, Vol. 49 No. 4, pp. 41-50.

Zeithaml, V.A. and Bitner, M.J. (1996), Services Marketing, McGraw-Hill, New York, NY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zunan Setiawan, Agus Siswanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License