PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI BAGI GURU SMP POKJA BANGUNTAPAN

Ariesty Fujiastuti, Dedi Wijayanti, Hasrul Rahman

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat pesat merupakan pertimbangan untuk pengembangan media pembelajaran. Perkembangan tersebut harus disikapi secara kritis dan akademis oleh guru terutama dalam menghadapi masa pandemi. Pada masa pandemi, proses pembelajaran dilakukan secara daring. Akan tetapi, guru merasa kesulitan dalam melakukan proses pembelajaran secara daring. Hal ini disebabkan, selama ini guru hanya menggunakan buku paket dari pemerintahan saja saat pembelajaran luring sehingga guru mengalami kesulitan dalam menerapkan secara daring. Oleh karena itu, diadakan pelatihan pembuatan media pembelajaran bagi guru sehingga media ini dapat digunakan dalam pembelajaran daring. Tujuan dalam pengabdian ini yaitu memberi pengetahuan tentang media pembelajaran dan memberi pelatihan pembuatan media pembelajaran di masa pandemi bagi guru SMP Pokja Banguntapan. Pelaksanaan pelatihan pembuatan media pembelajaran bagi guru- guru SMP Pokjan Banguntapan dilaksanakan dalam delapan kali pertemuan, yaitu direncanakan pada tanggal 10, dan 20 April, 15 dan 22 Mei, 12 Juni, 10 Juli, 20 Agustus, dan 10 September. Setiap kegiatan berdurasi 4 jam dan ditambah kegiatan mandiri. Luaran kegiatan pelatihan ini adalah Media pembelajaran, artikel ilmiah yang dipublikasikan melalui prosiding ber ISBN dari seminar nasional, artikel pada media masa, video kegiatan, dan peningkatan keberdayaan mitra.


Keywords


Media Pembelajaran, Pandemi, SMP, Pokja

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fujiastuti, Ariesty dan Titiek Suyatmi. 2019. “Media Flash Berbasis Komik dalam Pembelajaran Menyimak Cerita Rakyat”. Bahtera. 06(12):700-705.

Nur Lailiyah, W. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Untuk Pembelajaran Keterampilan Menuliskan Kembali Cerita Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(7), 1150–1159.

Rusdy A Siroj, R. I. I. P. (2010). Bahan Ajar Kesebangunan Dan Simetri Berbasis Contextual Teaching and Learning (Ctl) Menggunakan Macromedia Flash Di Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45–52. https://doi.org/10.22342/jpm.4.1.310.

Sidik, & Susilowati. (2013). Desain Media Edukasi Animasi Interaktif Cara Pemanfaatan Limbah Sampah Berbasis Macromedia Flash 8. Jurnal Techno Nusa Mandiri, X(No.1. Sepetember), 195–206.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ariesty Fujiastuti, Dedi Wijayanti, Hasrul Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License