Pelatihan strategi pengasuhan anak dan self regulated learning solusi dan harapan

Muhammad Zuhaery, Achadi Budi Santosa

Abstract


Pelatihan Strategi Pengasuhan Anak dan Self Regulated Learning Solusi dan Harapan (Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 untuk Orang Tua Murid dan Guru SDM Gondanglegi Tempel Sleman) dalam rangka melaksanakan Catur Dharma perguruan tinggi yaitu kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini bertujuan meningkatkan pola asuh orang tua dan kompetensi guru dalam menumbuhkan Self Regulated Learning peserta didik pada masa pademiCovid-19. Pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan secara tatap muka yang diikuti oleh 78 peserta baik yang terdidri dari 55 wali murid dan 23 guru. Adapun tempat pelaksanaan kegiatan ini di Aula SDM Gondanglegi Tempel Sleman. Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini bersifat tatap muka atau offline pada pukul 08.00 – 11.00 hari Jum’at tanggal 18-19 Juni 2021. Metode dan pola pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini adalah dengan metode ceramah, sharring, tanya jawab, diskusi, dan tutorial atau konsultasi secara tatap muka dan daring. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pelatihan ini adalah sebagai berikut. Pertama, semua peserta kegiatan pelatihan ini sangat antusias, bersemangat, berevaluasi dan mempunyai motivasi yang tinggi mengikuti pelaksanaan kegiatan ini. Kedua, pemahaman wali murid maupun  guru terkait Pengasuhan Anak dan Self Regulated Learning. Kegiatan pelatihan ini sangat penting untuk perhatian wali murid dan pengembangan guru di SDM Gondanglegi Tempel Sleman.  Dan selanjutnya perlu menjadi kegiatan yang berkelanjutan dimasa mendatang.


Keywords


Training, Parenting, Selef Regulated Learning, Parents and Teachers.

Full Text:

PDF

References


Abar, B., Carter, K. L., & Winsler, A. (2009). The eff ects of maternal parenting style and religious commitment on self-regulation, academic achievement, and risk behavior among African-American parochial college students. Journal of Adolescence, 32(2), 259-273

Fan, W., & Williams, C. M. (2010). The effects of parental involvement on students’ academic self-efficacy, engagement and intrinsic motivation.Educational Psychology, 30(1), 53-74

Fasikhah, Siti Suminarti dan Siti Fatimah.2013.”Self-Regulated Learning (SRL) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Akademik Pada Mahasiswa”.Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang

Hoover-Dempsey, K. V., Battiato, A. C., Walker, J. M., Reed, R. P., DeJong, J. M., & Jones, K. P. (2001). Parental involvement in homework.Educational psychologist, 36(3), 195-209

Hurlock, E. B.(2000) Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga

Ismaniar., & Utoyo, S. (2020). “Mirror of effect”dalam perkembangan perilaku anak selama work from home (WFH) pada masa pandemic Covid-19. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2 (4), 147-157

Kuswanti, A., Munadhil, M. A., Zainal, A. G., & Oktarina, S. (2020). Manajemen komunikasi keluarga saat pandemic Covid-19. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(8), 707-722

Kurniawan, C.A. (2016). Korelasi Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan MotivasiBelajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 4 Tahun ke-5 2016.

Lestari, S. (2013). Psikologi keluarga: Penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ma’ruf, S. F., Muwaffiqillah, M., & Burhani, M. I. (2017). Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Dan Iklim Sekolah Terhadap Self Regulated LearningSiswa. 1 (2). 97-109.

Muslim, M. (2020). Manajemen stress pada masa pandemic Covid-19. ESENSI, Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192-202

SE Mendikbud: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan dan Nomor36962/MPK.A/HK/2020 yang terhitung mulai tanggal 16 Maret 2020

Yudhantara, T. (2016). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Self Efficacy dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta.

Zimmerman, B. J., & Martinez-Pons, M. 1990. Student differences in self regulated learning: relating grade, sex, and giftedness to self-efficacy Zumbrunn, S., Tadlock, J., & Roberts, E. D. (2011). Encourage Self Regulated Learning in the Classroom. Metropolitan Educational Research Consortium (MERC). Virginia Commonwealth University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Zuhaery

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License