Peningkatan Kompetensi Guru TK ABA Ngabean dan SD Unggulan Aisyiyah Pandak melalui Pelatihan Teknologi Informasi

lisna zahrotun, Dewi Soyusiawaty, Titisari Juwitaningtyas

Abstract


Guru yang berkualitas adalah guru yang memiliki kesiapan mengajar dalam kondisi apapun. Di dunia pendidikan kebijakan School From Home (SFH) pun diterapkan sebagai dampak merebaknya virus covid-19 pada tahun 2019. Metode pembelajaran daring (dalam jaringan) mulai diterapkan disekolah-sekolah, baik dari sekolah tingkat terendah yaitu PAUD sampai dengan yang tertinggi yaitu Universitas. Salah satu TK binaan Muhammadiyah Ranting Pandak Barat adalah TK Aba Ngabean. Selama masa pandemi covid-19 pembelajaran dilakukan dengan daring, namun dalam proses pembelajaran ini para guru masih merasa kesulitan karena minimnya Teknologi Informasi yang mereka kuasai. Berdasarkan wawancara dengan pihak sekolah hanya ada 1 guru yang mampu mengoperasikan cara pembelajaran secara daring melalui tool seperti Zoom atau Googlemeet. Masalah lain yang dihadapi adalah para guru belum memiliki kemampuan dalam membuat video pembelajaran sederhana bagi siswa, selama ini video materi pembelajaran diambilkan dari chanel youtube dan dikirimken melalui Whatsapp wali siswa.. Selain TK ABA Ngabean, terdapat sebuah SD yang baru beridi 2 tahun yang juga merupakan binaan Muhammadiyah Ranting Pandak Barat yaitu SD Unggulan Aisyiyah Pandak. Dikarenakan SD ini baru 3 tahun berdiri maka membutuhkan tenaga yang luar biasa dalam pengelolaanya, baik dalam proses pembelajaran daring maupun dalam penyedian makanan bergizi bagi siswanya.

Melihat permasalahan tersebut, dalam pengabdian dilaksanakan pelatihan penggunaan aplikasi Zoom dan Google Meet dalam proses pembelajaran maupun kegiatan sekolah yang bersifat daring serta  pelatihan pembuatan video pembelajaran sederhana. Pelatihan ini telah dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu Tanggal 10 dan 11 September 2021 di Gedung TK Aba Ngabean Pandak Bantul. Pelatihan ini diikuti oleh 16 peserta dan dibantu dengan 3 mahasiswa sebagai asisten yang membantu mendampingi peserta selama pelatihan.

            Hasil pengabdian ini adalah modul dan video tutorial materi pelatihan, terlaksananya pelatihan selama 2 hari serta meningkatnya kemampuan sebanyak 80% dari peserta dalam mengoperasikan Aplikasi Zoom , Google Meet dan membuat media pembelajaran sederhana.


Keywords


pembelajaran daring; Pelatihan, Apliksi Zoom, Google Meet, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Kusnaeni, R., Chodijah, S. Ra., & Hamidah, H. F.-M. (2018). Peningkatan Kompetensi Dan Kinerja Tenaga Pendidik Paud Melalui Komunikasi Efektif. Jurnal Kehumasan (GUNAHUMAS), 1(2), 224–235.

Noviyana, H., & Kirana, A. R. (2018). Program Pendampingan dan Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Matematika Bagi Tutor PAUD dan Guru TK IT etia Bandar Lampung. Adiguna : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 21–27.

Purnomo, B., Martono, B., & Widayati, W. (2018). Pemberdayaan Guru Pos PAUD (PPT) Kuncup Ceria RW V Kelurahan Wonokromo, Surabaya Tentang Pembelajaran Aktif, Inovatif dan Menyenangkan.

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100–110.

Yulianti, D., & Dewanti, S. . (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Taman Kana-Kanak Kota Semarang dalam Membuat Alat Bermain Sains dari Limbah. Jurnal Rekayasa, 13(2), 160–166.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 lisna zahrotun, Dewi Soyusiawaty, Titisari Juwitaningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License