Pelatihan Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Screencast-O-Matic Bagi Guru SMP Muhammadiyah 1 Pundong

Dwi Astuti, Harina Fitriyani

Abstract


Pembelajaran daring menuntut guru untuk dapat mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif supaya siswa tetap bersemangat belajar. Namun kondisi di lapangan masih dijumpai belum meratanya keterampilan professional guru terutama dalam mengembangkan video pembelajaran interaktif untuk menghadirkan pembelajaran menarik bagi siswa. Oleh karena itu perlu adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif bagi guru. Adapun tujuan pelatihan adalah untuk melatih guru-guru SMP Muhammadiyah 1 Pundong supaya terampil mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa video pembelajaran untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran daring. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan secara polisinkron dengan mengkombinasikan pelatihan tatap muka, pelatihan sinkron menggunakan Google Meeting, dan pelatihan asinkron menggunakan Google Classroom. Sebanyak 18 guru di SMP Muhammadiyah 1 Pundong mengikuti pelatihan ini. Adapun metode kegiatan pelatihan berupa ceramah, praktik, dan tanya jawab. Hasil kegiatan pelatihan ini yaitu peserta telah memahami penggunaan tools pada aplikasi Screencast-O-Matic untuk mengembangkan sendiri video pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Selain itu juga peserta mendapatkan pengalaman langsung praktik menyusun video pembelajaran dan dimahirkan lagi melalui penugasan. Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan dan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dalam mengembangkan media pembelajaran berupa video dengan aplikasi Screencast-O-Matic.


Keywords


Video Pembelajaran, Screencast-O-Matic, Polisinkron

Full Text:

PDF

References


Asmuni, A. (2020) ‘Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya’, Jurnal Paedagogy, 7(4), p. 281. doi: 10.33394/jp.v7i4.2941.

Darnawati et al. (2019) ‘Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), pp. 8–16.

Hasan, B. (2020) ‘Pemanfaatan google classroom dalam matakuliah menggunakan media video Screencahst O-Matic’, Widya Wacana : Jurnal Ilmiah, XV(1), pp. 9–15.

Jundu, R. et al. (2020) ‘Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19’, LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), pp. 63–73. doi: 10.24929/lensa.v10i2.112.

Lang, G. and Ceccucci, W. (2014) ‘Clone yourself: Using Screencasts in the classroom to work with students one-on-one’, Information Systems Education Journal (ISEDJ), 12(6), p. 6.

Marlena, N. et al. (2018) ‘Penyegaran Kemampuan Guru dalam Merancang Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Powtoon dan Screencast O Matic’, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 2(2), pp. 204–223. doi: 10.21009/jpmm.002.2.04.

Putri, Rini Fadhillah and Putri, Rizqy Fadhlina (2018) ‘Keterampilan Berbicara Mahasiswa dengan Integrasi Media Screencast O Matic dengan Pembelajaran Inkuiri’, Wahana Inovasi, 7(2), pp. 15–22.

Sudarsono (2021) ‘Peningkatan efektivitas pengajaran kimia di masa pandemi dengan media screencast o matic’, Khazanah Pendidikan, 15(1), pp. 32–40. doi: 10.30595/jkp.v15i1.9653.

Tangi, H., Mamulak, N. M. and Tinenti, Y. R. (2020) ‘Pemberdayaan Guru Dalam Mengembangkan Perangkat Media Screencast Omatic Melalui Sistem LSLC’, Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(2), pp. 146–152. doi: 10.37859/jpumri.v4i2.2039.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dwi Astuti, Harina Fitriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License