Pelatihan literasi dan numerasi guru matematika SMP bertipe asesmen kompetensi minimum

Fariz Setyawan, Puguh Wahyu Prasetyo

Abstract


Literasi dan numerasi merupakan salah satu topik dalam pelaksanaan program Sekolah Penggerak. Sekolah penggerak merupakan merupakan program yang bertujuan untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan berdaulat. Tujuan dari pelatihan ini adalah mengenalkan berbagai macam bentuk literasi dan mengimpelementasikan numerasi dalam pembelajaran matematika di sekolah. Pelatihan literasi dan numerasi yang nantinya dapat memberikan wawasan kepada guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Metode pelatihan yang dilakukan adalah dengan menyampaikan penjelasan terkait (1) jenis-jenis literasi (2) penerapan keahlian dalam bernumerasi dalam kehidupan sehari-hari (3) menerapkan literasi dan numerasi pada pembelajaran matematika. Pelatihan dilaksanakan secara daring meliputi kegiatan sinkron dengan zoom atau google meet dan asinkron melalui google form dan Whatsapp group. Adapun pelaksanan telah dilaksanakan dalam 4 tahap dengan rincian aktivitas sinkron untuk pemaparan materi dilaksanakan tanggal 9 Juni 2021 dan workshop penyusunan soal tanggal 10 Juni 2021, serta aktivitas asinkron dengan penugasan penyusunan melalui google form tanggal 15 dan 16 Juni 2021. Untuk tahap akhir dilakukan proses review serta pemberian feedback yang dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2021. Pelatihan ini berjalan lancar. Pada aspek penyusunan soal relevansi pelatihan diperoleh sebanyak 33,3% peserta belum dapat membuat soal; 55,6% peserta sudah cukup dapat membuat soal, dan sebanyak 11,1% peserta dapat membuat soal dengan baik. Pelatihan ini dapat dilanjutkan dan ditingkatkan di pelatihan yang akan datang.

Keywords


literasi, numerasi, pendidikan matematika

Full Text:

PDF

References


Gravemeijer, K., & Eerde, D. van. (2009). Design Research as a Means for Building a Knowledge Base for Teachers and Teaching in Mathematics Education. The Elementary School Journal, 109(5), 510–524.

Hendroanto, A., & Setyawan, F. (2018). Pelatihan Desain Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Bagi Guru Matematika Sekolah Dasar SD Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 387–392. https://doi.org/10.12928/JP.V2I3.399

Nurutami, A., & Setyawan, D. F. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Konten PISA. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.30738/WA.V3I1.3216

Olaghere, A., Kremer, K. P., & Fong, C. J. (2021). Learning Opportunities While Incarcerated: Association of Engagement in Literacy and Numeracy Activities With Literacy and Numeracy Skills: Adult Education Quarterly, 71(3), 232–250. https://doi.org/10.1177/0741713620988505

Setyawan, F., & Hidayati, N. A. (2020). Pelatihan Edmodo bagi Guru SMP/MTs Muhammadiyah di Kota Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 2(1), 485–494. Retrieved from http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/5144

Setyawan, F., Prasetyo, P. W., & Nurnugroho, B. A. (2020). Developing complex analysis textbook to enhance students’ critical thinking. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(1), 26–37. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i1.8741

Stacey, K. (2011). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 2(2), 95–126. Retrieved from http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1078641.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fariz Setyawan, Puguh Wahyu Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License