Pelatihan self-control dalam penggunaan gadget dikalangan remaja

Siti Muyana, Dian Ari Widyastuti

Abstract


Penggunaan gadget (smartphone) menjadi efektif dan bermanfaat apabila remaja dapat menggunakan dengan cermat dan mempunyai kontrol yang kuat terhadap efek samping gadget. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini sebagai upaya untuk dapat meningkatkan self-control dalam penggunaan gadget melalui pelatihan self-control bagi remaja. Self-control memiliki beberapa aspek yang perlu dilatih dalam diri, antara lain behavioral control, cognitive control, dan decisional control. Melalui self-control diharapkan remaja dapat mengontrol dirinya dengan baik dalam penggunaan gadget. Pengabdian dalam masyarakat ini dilaksanakan dengan melakukan kegiatan penyuluhan mengenai penggunaan gadget pada remaja dan kegiatan pelatihan self-control dalam penggunaan gadget. Kegiatan pengabdian ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan di SMP Unggulan Aisyiyah Bantul yang merupakan mitra dalam kegiatan program pengabdian pada masyarakat ini. Kegiatan ini dilakukan secara luring pada tanggal 17 Juni 2021 dan tindak lanjut dilakukan langsung setelah pelaksanaan kegiatan secara luring. Kegiatan ini melibatkan sejumlah 14 siswa Sekolah Menengah Pertama Unggulan Aisyiyah. Hasil dari program pengabdian pada masyarakat ini yaitu siswa memperoleh pengetahuan mengenai penggunaan gadget secara efektif, siswa memiliki keterampilan dalam mengembangkan kemampuan self-control, dan terjadi peningkatan kemampuan self-control dalam penggunaan gadget pada diri siswa yang diketahui dari hasil pretest dan posttest. Dampak yang dirasakan siswa setelah kegiatan ini berlangsung yakni bertambahnya kemampuan siswa mengontrol diri dalam penggunaan gadget.


Keywords


Self-control, gadget, remaja

Full Text:

PDF

References


Anggraini, H., dan Emmanuel, S. (2020). Pelatihan Teknik Self Control untuk Mengurangi Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 5(2): 90-96.

Casey, B.M.(2012). Linking Psychological Attributes to Smart Phone Addiction, Face-to-Face Communication, Present Absence and Social Capital. Thesis tidak diterbitkan, The Chinese University of Hong Kong.

Hagger, dkk. (2010). Self-regulation and self-control in exercise: the strength-energy model. Journal of International Review of Sport and Exercise Psychology, 3 (1) : 62-86.

Laursen, B., dan Collins, W.A. (2009). Parent-child Relationships During Adolescence. In R.M. Lerner & L. Steinberg (Eds.), Handbook of adolescent psychology, 2: 3-42. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.

Manupil, dkk. (2015). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Tingkat Prestasi Siswa di SMA Negeri 9 Manado. Ejoural Keperawatan (e-Kep), 3 (2).

McCullough, M.E., Willoughby, B.L.B. (2009). Religion, Self-Regulation, and Sel-Control: Associations, Explanations, and Implications. Psychological Bulletin. 135(1), 69-93.

Muyana, S. & Widyastuti, D. A. (2021). Bimbingan Klasikal “Think Pair-Share” Upaya Meningkatkan Self-Control Remaja dalam Penggunaan Gadget. Yogyakarta: K.Media.

Nikmah, A. (2016). Dampak Penggunaan Hand Phone Terhadap Prestasi Siswa. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, 5.

Ramadhani, R.F., Iswinarti, Zulfiana, U. (2019). Pelatihan Kontrol Diri untuk Mengurangi Kecenderungan Internet Gaming Disorder pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(1): 81-100.

Santrock, J. W. (2011). Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika.

Tangney, J.P., Baumeister, R.F., & Boone, A.L. (2004). High Self-control Predicts Good Adjustment, Less Pathology, Better Grades, and Interpersonal Success. Journal of Personality, 72, 271–322.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti Muyana, Dian Ari Widyastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License