Peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru PAUD dan Bahasa Inggris untuk persiapan uji pengetahuan dalam sertifikasi guru

Avanti Vera Risti Pramudyani, Ratri Nur Hidayati

Abstract


Peningkatan profesionalisme guru yang utama adalah terus mengembangkan proses pembelajaran yang lebih baik. Namun, masih banyak guru yang belum profesional dikarenakan terbatasnya wadah untuk mengembangkan kompetensinya. Kondisi ini sesuai dengan mitra yaitu masih banyak guru yang belum memiliki pengetahuan, pemahaman dan keterampilan tentang teori pedagogik dan profesional sebagai persiapan uji kinerja pengetahuan ujian sertifikasi guru professional. Kegiatan masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat khususnya kepada guru anak usia dini dan bahasa inggris pada lembaga ABA di wilayah PCA Sumpiuh. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan daring dengan menggunakan platfrom Google Classroom, Google Form, Zoom, dan Youtube. Kegiatan pelatihan dibagi menjadi 2 tahap, tahap 1 dilaksanakan pada tanggal tanggal 7 dan 9 Juni 2021, sedangkan tahap 20 dan 21 Oktober Oktober 2021. Peserta pelatihan yang mengikuti kegiatan ini mencapai 188 peserta. Selama kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dibantu oleh 3 orang mahasiswa. Hasil dari pengabdian ini adalah perubahan pengetahuan, pemahaman, dan peningkatan kompetensi guru dalam bidang pedagogik dan profesional dalam penyiapan uji kinerja pengetahaun pada program sertifikasi guru. Dampak dari kegiatan ini adalah meningkatnya jumlah calon guru profesional dapat lulus dari UP (Ujian Pengetahuan). Luaran kegiatan pengabdian ini adalah satu artikel seminar nasional pengabdian di UAD, artikel di koran dan satu video kegiatan yang diupload ke YouTube.

Keywords


kompetensi, pedagogik, profesional, uji pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Ahmad & Medopa, N. (2020). Profesionalisme Guru Membangun Karakter Siswa. Guru Tua: Jurnl Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i1.38

Basri, B. (2017). Evaluasi Profesionalisme Guru. Jurnal Sains Riset, 7(3), 33–39. http://journal.unigha.ac.id/index.php/JSR/article/view/22/20

Bilfaqih, Yusuf & Qomarudin, N. M. (2015). Esensi Pengembagan Pembelajaran Daring. Panduan Berstandar Pengembangan Pembelajaran Daring untuk Pendidikan dan Pelatihan. deepublish.

Laksono, B. A. (2020). Pengaruh Kesiapan Mental Terhadap Hasil Ujian Program Kesetaraan. Jurnal Pendidikan Modern, 5(3), 139–144. https://doi.org/10.37471/jpm.v5i3.106

Misdar, M. (2018). Mengkritisi Faktor-Faktor Kegagalan Akademik Siswa Dalam Belajar. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, IV(2), 205–224. https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i2.2465

Nur, Syamsiah & Mardiah, M. (2020). Pentingnya Profesionalisme Guru dalam Pendidikan. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 215–228. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.245

Pramudyani, A. V. R. & Asmorojati, W. A. (2020). Pelatihan peningkatan kesadaran hukum terhadap kekerasan seksual pada anak usia dini berdasarkan UU Perlindungan Anak. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, November, 755–764. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/5211/1143

Pramudyani, A. V. R. (2020). The Effect of Parenting Styles for Children’s Behaviour on Using Gadget at Revolution Industry. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51–59. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520

Pramudyani, A. V. R. &, & Rohmadheny, P. S. (2019). Pelatihan pemanfaatan aplikasi microsoft office dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan profesionalisme bagi guru PAUD di PCA Mantrijeron. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, September, 711–718. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/2312/612

RISETDIKTI. (2018). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru. 57946100(8), 10340. https://lp3m.unud.ac.id/img/admin/post_attc/f7a06ca2bfc2133a7d477d045e7aad09.pdf

Rozak, A. (2017). Profesionalisme Guru Perspektif Islam. Fikrah: Journal of Islamic Education, 1(2), 87–98. https://doi.org/10.32507/fikrah.v4i1.728

Rustiana, A. (2010). Efektivitas Pelatihan bagi Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Dinamika Manajemen, 1(2), 137–143. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm/article/view/2469/2522

Sihombing, R. E. (2020). Signifikasi Profesionalisme Guru PAK terhadap Karakter Siswa. https://doi.org/10.31219/osf.io/8sbyu

Solehah, F. N. (2012). Faktor-faktor Penyebab Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Perspektif Ilmu Pendidikan, 25(XVI), 16–32. https://media.neliti.com/media/publications/259459-faktor-faktor-penyebab-kecemasan-siswa-d-6e748b22.pdf

Sutrisno, S. (2016). Efektivitas Penilaian Sertifikasi Guru Kelas MI melalui Kegiatan PLPG Kuota Tambahan Tahun 2013. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(2), : 283-312. https://doi.org/10.18326/mdr.v8i2.283-312.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Avanti Vera Risti Pramudyani, Ratri Nur Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License