Peningkatan kompetensi profesional guru dalam penerapan STEAM pada PAUD

Avanti Vera Risti Pramudyani, Toni Kus Indratno

Abstract


STEM education merupakan model pembelajaran yang menyiapkan agar peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis. Mengenalkan STEM sejak dini tidak hanya untuk mempersiapkan anak siap memiliki kemampuan berpikir kritis dan mencari pemecah masalah secara kreatif. Berdasarkan data guru PAUD yang memahami konsep STEAM masih sangat sedikit dan hanya terbatas pada pengetahuan kegiatan dengan konsep percobaan. Kegiatan masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan tentang STEAM kepada masyarakat khususnya kepada guru anak usia dini pada lembaga ABA di wilayah PCA Pekajangan. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan daring dengan menggunakan platfrom Google Classroom, Google Form, Zoom, dan Youtube. Kegiatan pelatihan dibagi menjadi 2 tahap, tahap 1 dilaksanakan pada tanggal 13 dan 15 Juni 2021, sedangkan tahap 2 pada 21 dan 22 Oktober 2021. Peserta pelatihan yang mengikuti kegiatan ini mencapai 125 peserta dan tidak hanya sebatas dari wilayah PCA Pekajang. Selama kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dibantu oleh 2 orang mahasiswa. Hasil dari pengabdian ini adalah perubahan pengetahuan, pemahaman, dan peningkatan kompetensi profesional guru dalam STEM. Luaran kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya keberdayaan guru di PCA Pekajangan dalam penyusunan kegiatan STEAM di PAUD, satu artikel seminar nasional pengabdian di UAD, artikel di koran dan satu video kegiatan yang diupload ke YouTube.

Keywords


kompetensi; profesional; guru paud; steam

Full Text:

PDF

References


Affifi, R. (2019). Between Will and Wildness in STEAM Education. In Why Science and Art Creativities Matter (Issue 4, pp. 79–99). Brill | Sense. https://doi.org/10.1163/9789004421585

Basri, B. (2017). Evaluasi Profesionalisme Guru. Jurnal Sains Riset, 7(3), 33–39. http://journal.unigha.ac.id/index.php/JSR/article/view/22/20

Buzz, W. P., Kelly, T. K., Adamson, D. M., Bloom, G. A., Fossum, D., & Gross, M. E. (2004). Will the scientific and technology workforce meet the requirements of the federal government? RAND.

Council, N. A. of E. and N. R. (2014). Successful K-12 STEAM Education: Identifying Effective Approaches in Science, Technology, Engineering, and Mathematics.

Goverment, W. (2011). No Title. http://www.whitehouse.gov/the-press-office/2011/01/25/remarks president-state-union-address

Hunter, J. (2020). High Possibility STEM Classrooms. In High Possibility STEM Classrooms (1st Editio). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003021124

Juliana Utley, T. I. J. C. (2020). Engineering and STEM education. School Science and Mathematics, 120(7), 377–378. https://doi.org/10.1111/ssm.12435

Keulen, H. v. (2018). STEM in Early Childhood Education. Europan Journal of STEM Education, 3(3), 1–3. https://doi.org/0.20897/ejsteme/3866

Nugraha, A., Ritayanti, U., Siantayani, Y., & Maryati, S. (2015). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran PAUD. Direktorat Pembinaan PAUD. Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat. Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan.

Nur, Syamsiah & Mardiah, M. (2020). Pentingnya Profesionalisme Guru dalam Pendidikan. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 215–228. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.245

Pramudyani, A. V. R. & Asmorojati, W. A. (2020). Pelatihan peningkatan kesadaran hukum terhadap kekerasan seksual pada anak usia dini berdasarkan UU Perlindungan Anak. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, November, 755–764. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/5211/1143

Pramudyani, A. V. R. (2020). The Effect of Parenting Styles for Children’s Behaviour on Using Gadget at Revolution Industry. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51–59. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520

Pramudyani, A. V. R. &, & Rohmadheny, P. S. (2019). Pelatihan pemanfaatan aplikasi microsoft office dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan profesionalisme bagi guru PAUD di PCA Mantrijeron. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, September, 711–718. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/2312/612

Ruiz, M. A. O. (2021). Modelo STEAM (1st editio, Issue January). UNIVERSIDAD AUTÓNOMA DE BAJA CALIFORNIA. https://www.researchgate.net/publication/348445519_Modelo_STEAM

Rustiana, A. (2010). Efektivitas Pelatihan bagi Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Dinamika Manajemen, 1(2), 137–143. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm/article/view/2469/2522

Sanders, M. (2009). STEM, STEM Education, STEMmania. ERIC (Institute of Education Science), 64(4), 20–26. https://www.teachmeteamwork.com/files/sanders.istem.ed.ttt.istem.ed.def.pdf

Spyropoulou, C., Wallace, M., Vassilakis, C., & Poulopoulos, V. (2020). Examining the use of STEAM Education in Preschool Education. European Journal of Engineering Research and Science, 1(Special Issue), 1–6. https://doi.org/10.24018/ejers.2020.0.cie.2309.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Avanti Vera Risti Pramudyani, Toni Kus Indratno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License