Pelatihan pemasaran pendidikan online SD Muhammadiyah Kalangan dalam rangka meningkatkan animo siswa baru

Tri Kuat, Arief Kurniawan Kurniawan

Abstract


Pemasaran jasa pendidikan di SD Muhammadiyah Kalangan, selama ini belum memanfaatkan media sosial secara online tapi masih dilakukan secara sederhana dan off line. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan tentang pemasaran jasa pendidikan online, melatih guru membuat flyer dan brosur, mendampingi membuat web site dan video profil sekolah yang di upload di youtobe atau media sosial lainnya sebagai pemasaran online. Metode pengabdian dilakukan dengan tiga cara yaitu pertama kegiatan penyuluhan melakukan pemasaran jasa pendidikan secara online, kedua pelatihan membuat flyer, brosur dan cara mengupload ke media sosial, ketiga mendampigi dalam membuat web site dan video profil sekolah. Kegiatan pengabdian dilaksanakan di SD Muhammadiyah Kalangan yang di laksanakan 6 dan 7 Juli 2021 serta 5 dan 10 Agustus 2021 diikuti 10 peserta, dalam kegiatan melibatkan dua mahasiswa Magister Pendidikan Guru Vokasi yaitu Agus Widodo dan FX Theo Raharjo yang membantu dalam penyiapan kegiatan dan pengambilan gambar serta video kegiatan. Hasil dari pengabdian bertambahnya pengetahuan guru tentang pentingnya pemasaran jasa pendidikan, guru mampu membuat brosur dan flyer yang di upload di media sosial, berdasarkan hasil pre tes dan pos tes menunjukan dampak kegiatan yaitu adanya peningkatan pemahaman tentang pemasaran jasa pendidikan secara online, serta peningkatan ketrampilan guru.


Keywords


pemasaran, jasa pendidikan, media sosial

Full Text:

PDF

References


Afidatun Khasanah (2015), Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Di Sd Alam Baturraden. Jurnal eL-Tarbawi, Vol. VIII. No. 2.

Asep supriyanto (2020), Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi. Tesis Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Buchari Alma, Pemasaran Strategi Jasa Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2008

Eldi Kustian. (2018) Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Kuantitas Siswa. Jurnal Tadbir Muwahhid, Vol.2. No. 2.

Elytasari (2017), Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Untuk Meningkatkan Kepercayaan (Trust) Stakeholders di TK Amal Insani Depok Yogyakarta, Jurnal Warna, vol. 1. No 1.

Humam Abid Luthfi” Pengaruh Pemasaran Jasa Pendidikan Terhadap Citra Lembaga Dalam Perspektif Masyarakat Pengguna Di Smp Islam Al Azhar 14 Semarang”, (Semarang:Jptiain Walisongo Semarang 2012), hlm.24.

Imam Faizin (2017). Strategi asa Pendidikan dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah, Jurnal Madaniyah. volume 7 Nomor 2 Edisi Agustus.

Ma’mun (2018). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Al- Azhar Muara Bungo Tesis UIN Sulthan Thaha Syaifudin Jambi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 TRI KUAT KUAT, Arief Kurniawan Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License