Pendampingan pemahaman metodologi penelitian pendidikan dan penyusunan artikel jurnal untuk meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar

Hengkang Bara Saputro, Sugeng Riyanto

Abstract


Kenaikan pangkat dan golongan bagi Guru menjadi hal yang penting, namun yang harus dilakukan diantaranya adanya publikasi kegiatan ilmiah sebagaimana Permen PAN dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009. Bentuk publikasi ilmiah dapat berasal dari penelitian action research dan eksperimen. Pengetahuan Guru SD tentang metodologi penelitian action research dan penelitian eksperimen serta penulisan artikel ilmiah pada jurnal yang masih minim menjadi masalah tersendiri bagi guru tersebut. Pengabdian Masyarakat tersebut bekerja sama dengan guru di SD Muhammadiyah Kliwonan, Godean, Sleman, Yogyakarta. Pelaksanaan pengabdian masayarakat, dalam bentuk kegiatan pelatihan, workshop, pendampingan penelitian dan menyusun artikel jurnal. Artikel jurnal dari peserta pengabdian yang sudah memenuhi syarat maka akan berkesempatan untuk dipublish pada jurnal Fundamental Pendidikan Dasar (FUNDADIKDAS) PGSD UAD. Pelaksanaan pengabdian yang semula direncanakan secara daring dengan mitra yakni guru-guru di SD Muhammadiyah Kliwonan, Godean, akhirnya dilaksanakan langsung di lapangan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.. Peserta terdiri dari guru-guru kelas rendah dan kelas tinggi yang berjumlah 11 orang. Tingkat antusiasme dalam mengikuti kegiatan pengabdian sangatlah tinggi. Adapun materi yang diberikan saat pelatihan meliputi Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian Pengembangan (R&D), Penelitian Kualitatif, Penelitian Kuantitatif, dan teknik submit artikel jurnal melalui OJS. Kegiatan pengabdian berlangsung selama 2 bulan, yakni Juni sampai Juli 2021. Dari kegiatan pengabdian yang sudah dilaksanakan, terdapat peningkatan pemahaman guru tentang metodologi penelitian dan kemampuan penulisan artikel ilmiah hasil penelitian yang layak untuk diterbitkan di jurnal.


Keywords


metodologi penelitian, artikel jurnal, guru SD

Full Text:

PDF

References


Dharmayasa, I Putu Arya., dan Vijaya, Diota Prameswari. (2020). Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru SD. Proceeding Senadimas Undiksha. Hal 990-997.

Indrawati, H. (2013). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Ekonomi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 4(2), 84-95.

Mahayanti, Ni Wayan Surya dan Utami, I.A. Made Istri. (2017). Pelatihan Dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Bahasa Inggris Smp Di Kecamatan Sukasada. Jurnal Widya Laksana. Vol.6, No. 2. Hal 145-155.

Mukhibad, Hasan., Asrori, dan Jayanto, Prabowo Yudo. (2021). Pendampingan Penyusunan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan Di Jawa Tengah. Al Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.4 No.1. hal. 67-72.

Permendiknas No. 20 Tahun 2003 pasal 5 Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya

Ridwan, A. (2017). Peningkatan Mutu Dikalangan Guru SD Gugus Diponegoro kecamatan Ungaran Barat Dengan Kemampuan Penyusunan Proposal PTK melalui Workshop. Jurnal Penjaminan Mutu, Vol. 3 No. 1. hal. 23-30.

Somantri, Diki. (2021). Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi. Vol. 18 No. 2, hal 188-195.

Sudibjo, Niko dan Susianna, Nancy. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Dan Penelitian Tindakan Sekolah (Pts) Bagi Guru Bpk Penabur Bogor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusa Mandiri. Vo. 3 No. 1. Hal 29-34.

Zahera, Sy. (2017). Hubungan Konsep Diri dan Kepuasan Kerja dengan Sikap Guru dalam Proses Belajar-Mengajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Vol. 4 No. 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hengkang Bara Saputro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License