Pelatihan dan pendampingan penyusunan soal matematika berbasis aplikasi MathCityMap bagi Guru SMP Muhammadiyah Kota Yogyakarta

Afit Istiandaru, Anggit Prabowo

Abstract


Pendidikan senantiasa beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Di SMP/MTs Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta, peserta didik dan guru umumnya telah memiliki perangkat android, namun belum dimanfaatkan dengan optimal untuk mendukung pembelajaran. Sementara itu, android menawarkan berbagai fitur pembelajaran yang menarik. Di lain pihak, banyak landmark di sekitar siswa yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran namun belum termanfaatkan dengan baik. Pelatihan ini bertujuan untuk untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para guru agar dapat menyusun soal berbasis aplikasi MathCityMap dengan memanfaatkan landmark di sekitar siswa. Metode yang digunakan berupa pelatihan dan pendampingan. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 9 s.d. 10 Juni 2021. Pascapelatihan, peserta melanjutkan dengan kerja mandiri mengembangkan soal dan rute matematika di sekolah masing-masing dan pendampingan di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta pada tanggal 24 s.d. 25 Juni 2021. Dampak kegiatan ini adalah guru mampu mendesain rute MathCityMap di lokasi masing-masing dan diterapkan di pembelajaran.

Keywords


Math trail; Pelatihan MathCityMap

Full Text:

PDF

References


Cahyono, A. N., & Ludwig, M. (2016). Mathcitymap: exploring mathematics around the city. In 13th International Congress on Mathematics Education (ICME-13), Hamburg.

Cahyono, A. N., Ludwig, M., & Marée, S. (2015). Designing mathematical outdoor tasks for the implementation of The MathCityMap-Project in Indonesia. In pursuit of quality mathematics education for all: Proceedings of the 7th ICMI-East Asia Regional Conference on Mathematics Education (pp. 151-158).

Katadata. (2019). Pengguna Smartphone di Inonesia 2016-2019. Retrieved from: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/08/pengguna-smartphone-di-indonesia-2016-2019.

Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

LPPM. (2020). Rencana Strategis Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan 2020-2024. Yogyakarta: LPPM UAD.

MCM. (2020). MathCityMap@Home. Frankfurt: IDMI Frankfurt.

Parwati, N. N. (2019). Adaptasi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding SENAMA PGRI, 1, 1-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Afit Istiandaru, Anggit Prabowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License