Pelatihan publikasi artikel ilmiah untuk guru SMA Muhammadiyah 1 Banjarnegara

Vita Istihapsari, Afit Istiandaru

Abstract


Guru profesional juga dituntut untuk mampu melakukan penelitian tindakan kelas dan mempublikasikannya dalam jurnal ilmiah. Di SMA Muhammadiyah 1 Banjarnegara, guru belum memiliki pemahaman dan pengalaman yang memadai dalam publikasi ilmiah. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan dan pendampingan guru untuk menyusun dan mempublikasikan artikel pada jurnal nasional maupun internasional. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan menyusun dan mempublikasikan karya ilmiah. Metode yang digunakan berupa pelatihan dan pendampingan yang diselenggarakan secara daring. Peserta kegiatan terdiri atas 15 guru dari berbagai mata pelajaran. Hasil dari kegiatan ini adalah pemahaman guru terhadap penyusunan artikel publikasi ilmiah naik dari semula 35% menjadi 91,67% setelah mendapatkan pelatihan. Selanjutnya, sebanyak 76,5 % guru antusias untuk menyusun dan mempublikasikan artikel ke jurnal nasional maupun internasional.

Keywords


Pelatihan; artikel ilmiah; publikasi

Full Text:

PDF

References


Amir, A. (2013). Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran melalui Model Lesson Study. Logaritma, 1(2).

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 128-135.

Istihapsari, V., & Hendroanto, A. (2018). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Flash Guru Sma/Smk Muhammadiyah Sekabupaten Gunungkidul. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 427-432.

Jalal, F. (2007). Sertifikasi Guru untuk Mewujudkan Pendidikan yang Bermutu. Medan: Universitas Negeri Medan.

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Nuryaumin, N. (2009). Pelaksanaan manajemen peningkatan mutu kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Muslimun Lhoksukon (Doctoral dissertation, Pascasarjana UIN Sumatera Utara).

Puguh, D. R. (2008). Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Guru (Sejarah) di Era Sertifikasi.

Siahaan, S., & Martiningsih, R. (2018). Seputar sertifikasi guru. Jurnal Teknodik, 12(1), 090-106.

Widayati, W., & Istihapsari, V. (2019). Workshop penyusunan karya ilmiah bagi guru-guru SMP Muhammadiyah se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 225-230.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Vita Istihapsari, Afit Istiandaru

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License