Konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi berprestasi pada anak panti asuhan yatim piatu

Faridah Ainur Rohmah, Difa Ardiyanti

Abstract


Konseling kelompok bertujuan untuk meningkatkan motivasi berprestasi anak panti yatim piatu. Materi konseling kelompok meliputi pengenalan diri, goal setting, dan coping stress. Konseling kelompok dilakukan di panti asuhan Abdul Alim, Imogiri Bantul dan di panti asuhan Putra Muhammadiyah. Konseling kelompok diselenggarakan masing-masing 3 kali pertemuan di kedua lokasi panti asuhan dengan waktu 2 sampai 2,5 jam/pertemuan. Jumlah pesertanya 16 orang dengan usia 16-18 tahun. Pengukuran data pretest dan posttest menggunakan skala motivasi berprestasi. Hasil analisis data pretest-posttest menunjukkan adanya perbedaan motivasi berprestasi yang sangat signifikan pada anak panti asuhan antara sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok. Skor motivasi berprestasi anak panti asuhan mengalami peningkatan yang sangat signifikan setelah mengikuti konseling kelompok. Hal itu ditunjukkan dari mean skor posttest yang lebih tinggi dari mean skor pretest, serta nilai signifikansi p=0,000 (p<0,00). Hasil evaluasi kualitatif menunjukkan bahwa setelah mengikuti konseling kelompok peserta menjadi termotivasi untuk lebih baik dalam pelajaran, lebih mengenali dirinya baik kelebihan maupun kekurangan diri, menjadi berpikir positif terhadap diri dan kemampuannya, lebih semangat dalam belajar, mampu menentukan tujuan jangka pendek, menengah dan tujuan jangka panjang, dan mengetahui cara mengatasi masalah. Berdasarkan hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dapat meningkatkan motivasi berprestasi pada anak panti asuhan yatim piatu.


Keywords


konseling kelompok, motivasi berprestasi, panti asuhan

Full Text:

PDF

References


Aspriyani, S. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10 (1). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1194.

Astuti, N. D. S., (2015). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan Konseling Kelompok. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling, 1 (1), 7-12.

Gunawan, I. M. S. & Raharja, J. T. (2016). Efektivitas konseling kelompok cognitive behavior therapy (cbt) untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa di smp negeri 10 mataram. Jurnal Realita, 1(1), 37-45.

Hardiansyah, E. (2013). Konseling kelompok dengan choice theory untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Jurnal Psikologia, 2(1), 9-17.

Kamus Besar Bahasa Indonesia.(2018). Hasil pencarian KBBI daring. kbbi.kemendikbud.go.id

Khoirot, U. (2021). Efektifitas konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa smk yang mengalami ketidaksesuaian pilihan jurusan. Jurnal Rosyada: Islamic Guidance and Counseling, 2(1), 19-28.

Latipun. (2011). Konseling Kelompok. Malang: UMM Press.

Marjanti, S. (2015). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Konseling Kelompok Bagi Siswa X IPS 6 SMA 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1 (2).

Marnat, G.M. (2009). Handbook of Psychological Assesment. New Jersey : John Willey and Sons.

Novitasari, Y. (2012). Pelaksanaan layanan konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas vii smp negeri 1 punggur lampung tengah tahun ajaran 2007/2008. Jurnal Guidena, 2(1), 1-12.

Ratri, P. M., & Prastiti, P. (2019). Teknik Modeling dan Bimbingan Konseling kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada siswa SMP X Surakarta. Indigenous Jurnal Psikologi Ilmiah. 4(2), 125-133. https://doi.org/10.23917/indigenous.v4i2.7730.

Rifai, N. (2015). Penyesuaian Diri pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan (Studi Kasus pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan Yatim Piatu Muhammadiyah Klaten) (tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/37823/1/02.%20NASKAH%20PUBLIKASI.pdf

Sari, M., Rahmawati, S.W., dan Lestari, M.A. (2017). Motivasi berprestasi dan prokrastinasi akademik. Jurnal Psiko Utama. Vol 5 No 2.

Yalom., I.D. (1985). The Theory and Practice of Group Psychoterapy. (Edisi Ketiga). New York: Basic Book.

Undang-UndangNomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses tanggal 3 Maret 2017 dari http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Faridah Ainur Rohmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License