Olahan pangan berbahan mocaf: peningkatan ekonomi di era pandemi

Sudarmini Sudarmini, Marsudi Endang Sri Rejeki

Abstract


Program ini dilatarbelakangi oleh kondisi turunnya geliat ekonomi dan UMKM yang semakin turun karena pandemi Covid 19, termasuk UMKM produk makanan turun drastis. Di lain pihak produk hasil pertanian yang juga mengalami penurunan, petani singkong dan pengrajin mocaf salah satunya. Tujuan program ini adalah memberi pengetahuan pemanfaatan mocaf  bahan pangan alternatif (1); melatih pengolahan pangan berbahas mocaf yang terdiri dari kue kering (cokies) kue basah (brownies), pisang coklat dan selat solo (2); melatih pengemasan dan pemasaran (online) sebagai alternatif. Metode yang digunakan dalam program ini adalah pelatihan yang terdiri dari pemberian teori, praktek langsung, dan pendampingan. Program ini dibantu oleh 5 orang mahasiswa. Hasil program ini terlatih sepuluh anggota PRA Muja-Muju pada praktek hari pertama, dan sepuluh anggota PRA Muja-Muju pada pelatihan hari kedua. Selain itu juga terbangun komitmen untuk mengaktifkan kelompok dan melayani kebutuhan kelompok, masjid, kampung, dan TK ABA dan Paud sebagai jaringan pemasaran. Dampak yang dapat terukur adalah tambahnya pengetahuan, keterampilan untuk pengolahan pangan dengan alternatif bahan yang lebih sehat secara tidak langsung menyerap pasar petani mocaf.


Keywords


pengolahan, pangan, mocaf

Full Text:

PDF

References


Pakpahan, Aknold Kristian. “Covid-19 dan Implikasi bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah” dan Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional PACIS (Parahyangan Center for International Studies). (p-ISSN: 2614-2562,e- ISSN:2406-8748) diunduh:http://103.36.68.33/index.php/JurnalIlmiahHubunganInternasiona/article/view/3870.

Hardilawati, Wan Laura. 2020. “ Strategi Bartahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-2019” dalam Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, Vol. 10, No. 1, Juni 2020

Oktaviana, Anik Sholehah, dkk. “Kadar Protein, Daya kembang, Organoleptik Cookeis dengan Substitusi Tepung Mocaf dan Tepung Pisang Kepok” dalam Jurnal Pangan dan Gizi 7 (2): 72-81, November 2017.

Putri, Agustina Edma Volla, Winarni Pratjojo, dan Eko Budi Susatyo. “ Uji Proksimat dan Argonoleptik Brownies dengan Substitusi Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour). dalam Indonesian Journal Of Chemical Science (Indo. J.Chem. Sci. 4(3) (2015))

Rasyid, Maya Indra, dkk. 2020. “Karakteristik Sensori Cookies Mocaf dengan substitusi Tepung Labu Kuning” dalam Jurnal Teknologi Pengolahan Pertanian, 2 (1) 2020, hlm. 1-7. ISSN: 2723-5157.

Rosmeri, Vinsensia Iva dan Bella Nina Monica. “Pemanfaatan Tepung Umbi Gadung (Dioscorea HispidaDModified Casaennst) dan Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour) sebagai Bahan Substutusi dalam Pembuatan Mie Basah, Mie Kering, dan Mie Instan” Jurnal Kimia dan Industri, Vol 2, No. 2 Tahun 2013, Hlm. 246-256.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sudarmini Sudarmini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License