Pembuatan peta digital desa di Dusun Peundeuy Panulisan Barat Kabupaten Cilacap Jawa Tengah

Muhammad Aziz, Tedy Setiadi, Naufal Nur Faiz Putra

Abstract


Saat ini peta digital menjadi kebutuhan urgen bagi pemerintah untuk mendukung kebijakan dan evaluasi program. Pemerintahan dusun Peundeuy desa Panulisan Barat Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap sudah memiliki peta manual namun sebatas data wilayah saja. Disamping itu memiliki peta digital yang dibuat oleh Badan Pertanahan Nasional namun peta ini hanya diperuntukan untuk kepentingan sertifikat tanah dan tidak bisa diakses pihak desa maupun publik. Tujuan pengabdian ini adalah mengembangkan peta digital berbasis web sehingga mudah diakses fdan dikembangkan sehingga mampu menjadi pendukung kebijakan pembangunan desa. Metode pelaksanan kegiatan meliputi survei ke lokasi dengan melakukan wawancara pemerintah Desa. Kemudian dilanjutkan melakukan observasi lokasi dan pengumpulan data spasial maupun data non-spasial. Setelah data terkumpul maka melakukan pembuatan peta digital. Hasil peta digital kemudian dikonsultasikan dan meminta validasi dari pemerintah Dusun dan Desa. Langkah terakhir sosialisasi ke pemerintah Desa untuk manfaat dan penggunaannya. Hasil pengabdian masyarakat ini tersedianya aplikasi peta digital dusun Peundeuy. Berdasarkan evaluasi kuisioenr diperoleh bahwa peta digital ini berdampak membantu pihak dusun dalam merumuskan program ke depan serta memudahkan warga dalam mencari peta yang ada di Dusun Peundeuy.

Keywords


peta, digital, desa, Peundeuy

Full Text:

PDF

References


Administrasi, P., Tekana, D., & Selatan, K. O. K. U. (2017). Peran Open Street Map ( OSM ) Terhadap Peta Administrasi Desa Tekana , Kabupaten Oku Selatan Peran Open Street Map ( Osm ) Terhadap. (January 2018).

April, J., Salim, M. B., Nugraha, A. L., & Awaluddin, M. (2018). Desain Aplikasi Peta Desa Katonsari, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak Berbasis Webgis. Jurnal Geodesi Undip, 7(2), 42–52.

Aziiza, A. A., & Susanto, T. D. (2020). The Smart Village Model for Rural Area (Case Study: Banyuwangi Regency). IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 722(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/722/1/012011

Fisko. (2015). Pentingnya Peta Desa.

http://panulisan.sideka.id/data/kependudukan/. (n.d.).

Lail, J., & Kusuma, A. R. (2015). Peta Digital Dusun sentono. Seri Pengabdian Masyarakat 2015, 4(1), 50–53.

Subargo, O. (2018). PETA-DIGITAL-KKN.

UGM. (n.d.). Peta Desa Percepat Pembangunan Desa dan Kawasan Pedesaan. Retrieved from https://ugm.ac.id/id/berita/11263-peta-desa-percepat-pembangunan-desa-dan-kawasan-pedesaan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Aziz, Tedy Setiadi, Naufal Nur Faiz Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License