Peningkatan daya saing UMKM pangan tirtonirmolo melalui edukasi tentang legalisasi, strategi dan inovasi, serta pengenalan konsep ramah lingkungan

Rachmawati Widyaningrum, Cita Eri Ayuningtyas, Dyah Suryani, Hesti Khofifah, Siti Mutmainah, Shaumi Natalia Putri

Abstract


Pada masa pandemi Covid 19, bisnis kuliner Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tetap menunjukkan pergerakan yang positif baik dalam jumlah pelaku bisnis maupun transaksinya. Namun demikian, sektor bisnis ini juga menghadapi berbagai tantangan diantaranya legalisasi produk, inovasi dan strategi pemasaran berbasis teknologi, dan juga isu lingkungan. Kelurahan Tirtonirmolo memiliki 178 UMKM Pangan dengan jumlah produk yang bersertifikat PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) masih rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan daya saing dalam menghadapi tantangan tersebut perlu dilakukan edukasi penguatan bisnis makanan UMKM pada aspek legalisasi dan inovasi pengembangan produk dengan memanfaatkan perkembangan teknologi serta memperhatikan aspek keramahan lingkungan. Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan para pelaku UMKM pangan di Kelurahan Tirtonirmolo tentang legalisasi, inovasi dan strategi, serta konsep UMKM ramah lingkungan melalui program edukasi online. Peserta Program Edukasi berjumlah 10 orang dengan peningkatan skor rata-rata pengetahuan pada ketiga aspek tersebut sebesar 3%, aspek legalisasi produk sebesar 5%, dan pada aspek konsep ramah lingkungan meningkat 2%. Dampak yang dihasilkan dari kegiatan tersebut selain adanya peningkatan pengetahuan, juga meningkatkan minat Pelaku UMKM untuk mengaplikasikan teori yang dipelajari melalui permintaaan adanya program pendampingan. Hal tersebut menekankan bahwa program untuk UMKM perlu dirancang secara lebih komprehensif dan berkelanjutan.

Keywords


PIRT; UMKM Pangan; Green Industry; Inovasi Produk Pangan

Full Text:

PDF

References


Ali, M., Waluyo, H., & Listyorini, S. (2013). Pengaruh Keragaman Menu, Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Iklan Terhadap Keputusan Pemebelian. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 1–9.

Aprilianti, I., & Amanta, F. (2020). Makalah Kebijakan No.28: Memajukan Keamanan Pangan Pada Layanan Pesan Antar Makanan Daring Di Indonesia.

Elfahmi, S. H., & Jatmika, D. (2019). Pengaruh Inovasi Terhadap UKM Naik Kelas Melalui Daya Saing Produk (Studi UKM Kuliner Rahajeng Catering Pati dan Indoburger Rembang). Media Mahardhika, 17(3), 481–487.

Elwisam, & Lestari, R. (2019). Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif dan Orientasi Pasar untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 277–286.

Erlyana, Y. (2018). Analisis Peranan Desain Kemasan Terhadap Brand Identity Dari Sebuah Produk Makanan Lokal Indonesia Dengan Studi Kasus: Produk Oleh-Oleh Khas Betawi ‘Mpo Romlah.’ National Conference of Creative Industry, 1079–1097. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1316

Haptari, V. D., & Nugroho, R. (2019). Literasi Akuntansi Dan Pemasaran Online Bagi Umkm Desa Tirtonirmolo Kabupaten Bantul. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(3), 190–193. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i3.632

Maulina, A., & Sholeh, M. (2021). Green Business UMKM di Kota Depok. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 83–89.

R. Pritanova, P., Muhandri, T., & Nurjanah, S. (2020). Karakteristik dan Pemenuhan CPPOB Pelaku UMKM Online Produk Olahan Beku Daging Sapi dan Ayam di DKI Jakarta. Jurnal Ilmu Produksi Dan Teknologi Hasil Peternakan, 8(3), 102–108. https://doi.org/10.29244/jipthp.8.3.102-108

Sadjoli, N., Yuliati, R., Reynaldi, W., Anggraini, S. D., Debian, R., Yedidya, S., & Kenneth, H. (2020). Peningkatan Daya Tarik Produk UMKM Teh Sereh Seungit dengan Kemasan Kekinian. Journal of Dedicators Community, 3(3), 58–72. https://doi.org/10.34001/jdc.v3i3.1022

Shitophyta, L. M., Amelia, S., & Jamilatun, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Dari Sampah Organik Di Ranting Muhammadiyah Tirtonirmolo ,. 2(1), 136–140.

Suhandi, Hanafiah, H., & Harsono, P. (2019). Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Keripik Talas Beneng dengan Penerapan Marketing Mix untuk Meningkatkan Penjualan. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 10(2), 144–152.

Wibowo, M. E., Daryanto, A., & Rifin, A. (2018). Strategi Pemasaran Produk Sosis Siap Makan (Studi Kasus: PT Primafood Internasional ). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(1), 29–38. https://doi.org/10.29244/mikm.13.1.29-38

Widyaningrum, R., Ramadhani, K., Khofifah, H., & Putri, S. N. (2021). Risiko dan Peluang Industri Makanan Rumah Tangga dengan Sistem On-Line dalam Masa Pandemi Covid-19 di DIY. Journal of Food and Culinary, 4(1), 13–24. https://doi.org/10.12928/jfc.v4i1.4123


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rachmawati Widyaningrum, Cita Eri Ayuningtyas, Dyah Suryani, Hesti Khofifah, Siti Mutmainah, Shaumi Natalia Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License