Pelaksanaan Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar Kelas Bahasa di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Ratri Nur Hidayati, Khafidhoh Khafidhoh Khafidhoh

Abstract


Kelas Bahasa merupakan program baru yang menjadi salah satu program unggulan di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Sebagai sebuah program baru, ada beberapa komponen pembelajaran yang perlu disiapkan dan disempurnakan guna mendukung suksesnya kegiatan belajar mengajar, salah satunya ialah bahan ajar yang digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran di kelas. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu pihak sekolah mempersiapkan bahan ajar yang baik demi tercapainya tujuan pembelajaran.

Program pendampingan pengembangan bahan ajar ini merupakan kelanjutan dari program pengabdian yang telah dilakukan sebelumnya dalam kerangka kemitraan English Mentoring Program (EMP) yang juga merupakan program unggulan di Prodi PBI UAD. Dalam mendampingi para guru mengembangkan bahan ajar, tim pengabdian merujuk pada model pengembangan Borg dan Gall dimana terdapat serangkaian aktivitas yang dilakukan untuk mengembangkan sebuah produk berbasis pendidikan, termasuk bahan ajar. Dalam hal ini, pertama tim akan mendampingi guru melakukan analisis kebutuhan. Selanjutnya tim juga mendampingi guru dalam menyusun desain pembelajaran sebagai basis pengembangan bahan ajar dan setelah bahan ajar selesai disusun tim juga mendampingi para guru untuk memvalidasi bahan ajar tersebut dan melakukan try out.

Melalui pengabdian ini tim dapat menghasilkan artikel prosiding seminar yang diadakan oleh LPPM UAD, artikel media cetak, video kegiatan, peningkatan keberdayaan mitra, serta buku ajar. Peningkatan keberdayaan mitra yang dimaksud ialah sebanyak 75% peserta pelatihan menyampaikan bahwa materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan, 75% peserta menyatakan pelatihan meningkatkan pemahaman dan ketrampilan mengenai pengembangan bahan ajar.

 

 

 

 


Keywords


Kata kunci : English Mentoring Program, Pelatihan, Bahan Ajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ratri Nur Hidayati, Khafidhoh Khafidhoh Khafidhoh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License